iPad Lemot? Ini Solusinya agar Kembali Lancar!
Ilustrasi iPad. (Shutterstock)
12:00
6 Mei 2024

iPad Lemot? Ini Solusinya agar Kembali Lancar!

Pengguna iPad pasti pernah merasakan perangkat berjalan lambat atau lemot ketika pengguna melakukan sesuatu. Meskipun penurunan kinerja lebih mungkin terjadi pada model iPad lama, bahkan iPad terbaru pun terkadang terasa lambat.

Ada beberapa alasan mengapa iPad bisa menjadi lemot daripada sebelumnya, seperti berikut ini:

  • Satu atau beberapa aplikasi mengalami masalah kinerja.
  • Sebuah situs web, atau seluruh koneksi internet, lambat.
  • Sistem operasi iPad sudah ketinggalan zaman.
  • Suhu terlalu panas.
  • Background App Refresh diaktifkan.
  • Ruang penyimpanannya penuh.
  • Baterai rusak.

Berikut ini beberapa solusi yang dapat pengguna lakukan jika iPad menjadi lambat:

1. Tutup semua aplikasi yang terbuka. Salah satu alasan iPad melambat adalah karena masalah pada aplikasinya, bukan pada iPad itu sendiri. Memulai ulang aplikasi mungkin dapat mengatasi masalah ini.

2. Mulai ulang iPad. Saat pengguna mengalami kendala pada perangkat elektronik apa pun, langkah awal yang baik adalah memulai ulang perangkat tersebut.

3. Matikan Background App Refresh. Meskipun fitur ini berguna, membiarkan aplikasi berada di latar belakang dapat memperlambat iPad. Jika pengguna merasa mengetahui aplikasi mana yang menjadi penyebabnya, nonaktifkan fitur ini hanya untuk aplikasi tersebut. Jika tidak, nonaktifkan seluruh fungsi.

4. Atasi koneksi WiFi yang buruk. Jika koneksi ke internet lambat, maka iPad juga akan terasa lambat karena pengunduhan, streaming, dan penelusuran semuanya terkena dampak negatif. Perbaiki internet yang lambat dan pengguna mungkin merasa seperti memiliki iPad baru.

5. Perbarui ke iPadOS versi terbaru. Penting untuk selalu memperbarui sistem operasi. Melakukannya akan memastikan bahwa pengguna mendapatkan pembaruan kinerja dan perbaikan keamanan terkini.

Ilustrasi iPad. [Shutterstock]Ilustrasi iPad. [Shutterstock]

6. Nonaktifkan Low Power Mode. iPad menggunakan lebih sedikit daya saat dinyalakan, sehingga aplikasi dan fungsi lainnya mungkin berjalan lebih lambat dari biasanya. Untuk mematikannya, matikan tombol di Settings > Battery.

7. Perbaiki masalah panas berlebih. Aplikasi yang lambat dan kelesuan umum tanpa sebab yang jelas dapat berarti iPad pengguna terlalu panas.

8. Pasang pemblokir iklan. Jika iPad melambat saat menjelajah web, namun tes kecepatan internet memberikan hasil normal, maka halaman yang pengguna kunjungi patut disalahkan karena membuat iPad lambat.

9. Hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Tindakan ini akan mengosongkan lebih banyak ruang di perangkat yang dapat mempercepat kinerja secara keseluruhan. Apple merekomendasikan untuk memiliki setidaknya 1 GB ruang kosong setiap saat.

Untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan ruang di iPad, buka Settings > General > iPad Storage. Hapus aplikasi yang tidak digunakan dengan mengetuk aplikasi dan memilih Delete App.

10. Lakukan factory reset. Ini adalah tindakan yang ekstrem, sehingga pastikan untuk mencoba semua tips di atas terlebih dahulu. Jika iPad lemot karena masalah perangkat lunak, pengaturan ulang perangkat lunak adalah jawabannya.

11. Ganti baterai iPad. Hal ini tidak mudah dilakukan sendiri seperti solusi lainnya, namun mungkin diperlukan. Jika iPad berjalan lambat bisa jadi merupakan gejala baterai rusak.

Itulah beberapa solusi yang dapat dilakukan pengguna saat iPad menjadi lemot.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #ipad #lemot #solusinya #agar #kembali #lancar

KOMENTAR