Cara Mudah Membuka File HEIC di Android
Ilustrasi file HEIC. (adobe.com)
11:16
3 April 2024

Cara Mudah Membuka File HEIC di Android

Saat pengguna mengambil gambar di iPhone, perangkat menyimpannya di High Efficiency Image Container (HEIC). Dibandingkan dengan JPEG dan PNG, HEIC menghasilkan kualitas tinggi dengan ukuran kecil.

Android 10 memperkenalkan kompatibilitas dengan format tersebut, sehingga pengguna dapat membukanya di HP Android.

Dengan kata lain, pengguna dapat membuka file HEIC di Android jika perangkat menjalankan sistem operasi Android 10. HEIC adalah format default untuk mengambil gambar di iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 11, iPadOS, dan macOS High Sierra atau versi lebih baru. 

Jika pengguna mengirim gambar HEIC ke perangkat Android terbaru, formatnya akan dipertahankan dan tidak otomatis berubah ke format lain. Google Photos dan File oleh Google adalah beberapa di antara sedikit aplikasi yang dapat membukanya. 

Berikut cara membuka file HEIC di HP Android:

Membuka file HEIC di Android melalui Google Photos

Unggah atau cadangkan gambar HEIC ke Google Photos untuk melihatnya dalam format aslinya.  Aplikasi tidak mengonversinya, bahkan saat pengguna mengunduhnya ke perangkat. 

Konversi tidak diperlukan karena HEIC sudah berukuran kecil. Selain itu, Photos berfokus untuk menjadi layanan penyimpanan cloud di mana setiap pengguna seluler dapat menyimpan gambar dan video dan kemudian mengaksesnya kapan saja.

Buat tautan yang dapat dibagikan untuk foto jika pengguna ingin orang lain melihatnya. Namun jika pengguna mengirim file ke orang lain di WhatsApp, Instagram, dan aplikasi media sosial lainnya, file tersebut secara otomatis dikonversi ke JPG.

Mengedit gambar dalam Photos dan menyimpan salinannya juga mengubahnya menjadi JPG. Namun, pengguna harus mengubah gambar tersebut sebelum menyimpannya sebagai salinan.

Pengguna dapat mengubah ukurannya sedikit atau menerapkan filter pada tingkat minimal.  Galeri Samsung juga dapat membuka file HEIC di perangkat Galaxy. 

Ilustrasi HP Android. [Pixabay]Ilustrasi HP Android. [Pixabay]

Membuka file HEIC di Android dengan pengelola file

Files by Google juga memiliki dukungan HEIC bawaan dan pengguna dapat melihat gambar tanpa perangkat lunak konversi terpisah. Selain itu, ini menampilkan semua file lokal di perangkat dan pengguna dapat melihatnya secara offline. 

Cukup arahkan ke folder tempat file HEIC berada,atau cari. Lalu ketuk atau klik untuk melihatnya.

Pengguna pun dapat mengedit gambar di dalam aplikasi. Meskipun Files tidak memiliki opsi bawaan untuk mengonversi file, namun pengguna dapat membaginya dengan Photos atau aplikasi pengeditan foto. 

Membuka file HEIC dengan opsi penyimpanan cloud dan aplikasi pihak ketiga

Sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud memiliki dukungan HEIC dan menyediakan antarmuka web serta aplikasi untuk mengakses file.

Google Drive tidak secara otomatis mengonversi file HEIC saat pengguna mengunduhnya. Namun pengguna dapat membuat tautan yang dapat dibagikan agar orang lain bisa melihatnya melalui koneksi internet.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Dropbox. Ini memberikan opsi untuk mengunggah file HEIC sebagai JPG. OneDrive adalah solusi lain, meskipun pengguna tidak akan menemukan opsi untuk mengunggah foto HEIC dalam format lain.

Aplikasi pihak ketiga mungkin menyediakan fitur ekstensif di luar dukungan dasar HEIC. Namun, biasanya aplikasi seperti itu membutuhkan biaya langganan. Oleh karena itu, pengguna bisa mengandalkan penyimpanan cloud untuk opsi yang lebih praktis.

Itulah yang dapat dilakukan untuk membuka file HEIC di HP Android dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mudah #membuka #file #heic #android

KOMENTAR