Google Hapus 17 Fitur dari Asisten
Asisten Google. [Google]
15:00
14 Januari 2024

Google Hapus 17 Fitur dari Asisten

Asisten Google, asisten suara populer, mengalami beberapa perubahan.

Dalam postingan blog baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghapus 17 fitur dari Asisten mulai 26 Januari mendatang.

Perusahaan mengatakan hal ini untuk meningkatkan “kualitas dan keandalan” layanan, sehingga “lebih mudah menggunakan Asisten di seluruh perangkat.”

Google memutuskan fitur Asisten dengan penggunaan rendah akan dihapus.

Google mengatakan bahwa perusahaan memprioritaskan pengalaman yang disukai dan berinvestasi pada teknologi dasar untuk menjadikannya lebih baik.

Perusahaan menegaskan kembali bahwa mereka akan “terus membuat Asisten Google lebih berguna”.

Logo Google. [Kai Wenzel/Unsplash]Logo Google. [Kai Wenzel/Unsplash]

Google mencantumkan 17 fitur yang akan dihapus, meskipun ada perubahan ke-18 terkait cara meluncurkan Asisten di Android.

Dilansir dari laman 9to5google, Minggu (14/1/2024), berikut fitur-fitur Asistan Google yang akan dihapus:

  1. Memutar dan mengontrol buku audio di Google Play Book dengan suara kamu. Kamu masih dapat mentransmisikan buku audio dari perangkat seluler mu.
  2. Menyetel atau menggunakan alarm media, alarm musik, atau alarm radio di perangkat yang mendukung Google Asisten. Kamu dapat membuat Rutinitas kustom yang memiliki perilaku serupa atau menggunakan alarm standar.
  3. Mengakses atau mengelola buku masak, mentransfer resep dari perangkat ke perangkat, memutar video instruksi resep, atau menampilkan resep langkah demi langkah. Kamu dapat menggunakan Google Asisten untuk menelusuri resep di web dan YouTube.
  4. Mengelola stopwatch di Smart Display dan Speaker. Kamu masih dapat mengatur timer dan alarm.
  5. Menggunakan suara kamu untuk memanggil perangkat atau menyiarkan pesan ke Grup Keluarga Google. Kamu masih dapat melakukan siaran ke perangkat di rumah.
  6. Menggunakan suara untuk mengirim email, pesan video atau audio. Kamu masih dapat melakukan panggilan dan mengirim pesan teks.
  7. Menjadwal ulang acara di Google Kalender dengan suara. Kamu masih dapat menjadwalkan acara baru.
  8. Menggunakan Peluncur Aplikasi dalam mode mengemudi Google Asisten di Google Maps untuk membaca dan mengirim pesan, melakukan panggilan, dan mengontrol media. Kamu masih dapat menggunakan kontrol suara di Google Maps dengan cara yang sama.
  9. Meminta untuk menjadwalkan atau mendengarkan pengumuman Family Bell yang dijadwalkan sebelumnya.
  10. Meminta untuk bermeditasi dengan Tenang. Kamu tetap bisa menanyakan pilihan meditasi pada penyedia media seperti YouTube.
  11. Kontrol suara untuk aktivitas tidak lagi tersedia di perangkat Fitbit Sense dan Versa 3. Kamu harus menggunakan tombol di perangkat untuk memulai, menghentikan, menjeda, dan melanjutkan aktivitas.
  12. Kamu tetap dapat mengontrol aktivitas dengan suara di Pixel Watches.
  13. Melihat ringkasan tidur hanya akan tersedia di Google Smart Display. Kamu masih dapat menanyakan detail tidur melalui suara di jam pintar pihak ketiga.
  14. Panggilan yang dilakukan dari speaker dan Layar Smart tidak akan muncul dengan ID penelepon kecuali Anda menggunakan Duo.
  15. Melihat perkiraan waktu “Perjalanan ke Kantor” sekitar di Layar Smart. Kamu masih dapat menanyakan waktu perjalanan dan mendapatkan petunjuk arah melalui suara.
  16. Memeriksa rencana perjalanan pribadi dengan suara. Kamu masih bisa menanyakan status penerbangan.
  17. Meminta informasi tentang kontak. Kamu masih dapat melakukan panggilan ke kontak Anda.
  18. Meminta untuk melakukan tindakan tertentu melalui suara, seperti mengirim pembayaran, melakukan reservasi, atau memposting ke media sosial. Kamu masih dapat meminta Asisten untuk membuka aplikasi yang diinstal.

Penghentian ini mencakup speaker/layar seluler dan smart.

Beberapa mengurangi tindakan tertentu tetapi membiarkan fungsionalitas dasar untuk kasus penggunaan yang berbeda tetap utuh.

Sementara yang lainnya adalah penghapusan langsung, dengan kontrol suara khususnya pada blok pemotongan saat ini.

Jika memungkinkan, perusahaan merekomendasikan alternatif/solusi, meskipun saran untuk beralih dari pengalaman khusus ke YouTube tidaklah bagus.

Dengan beberapa pengecualian (seperti menggunakan Nest Hub sebagai alat memasak), sebagian besar penghapusan dilakukan dalam skala kecil.

Mulai 26 Januari, Anda akan mendapat notifikasi saat mencoba menggunakan salah satu kemampuan di atas.

Ilustrasi logo Android. [Unsplash/Denny Müller]Ilustrasi logo Android. [Unsplash/Denny Müller]

Prompt itu akan menyertakan tanggal ketika fungsi tersebut tidak lagi tersedia.

Sebagian besar fitur akan dihentikan pada 26 Februari, namun Nest Hub Commute Tiles dan Peluncur Aplikasi Android/Maps tidak akan digunakan lagi pada 7 Februari.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #google #hapus #fitur #dari #asisten

KOMENTAR