Gawat! Sebanyak 2 Juta Mobil Honda Bermasalah di Area Setir, Mulai dari CR-V, HR-V sampai Civic Kena Recall
Ilustrasi: Mobil Honda CR-V kena recall di wilayah AS karena masalah setir. (Honda Motors)
17:20
13 Oktober 2024

Gawat! Sebanyak 2 Juta Mobil Honda Bermasalah di Area Setir, Mulai dari CR-V, HR-V sampai Civic Kena Recall

Honda mengumumkan program penarikan kembali atau recall kepada hampir dua juta pemilik mobil Honda karena masalah setir. Bukan masalah sepele, masalah pada setir tersebut dikatakan mampu meningkatkan risiko kecelakaan fatal yang mematikan.   Sebanyak 1,7 juta mobil dan SUV Honda di Amerika Serikat dan tambahan 300.000 di Kanada dan Meksiko yang dibuat antara tahun 2021 dan 2024 diminta untuk segera mengunjungi pusat perbaikan. Penarikan kembali tersebut mencakup model sedan Civic populer tahun 2022-2025, CR-V dan HR-V, dan Acura Integra.   Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengatakan kalau masalah tersebut disebabkan oleh roda cacing kotak kemudi yang diproduksi secara tidak tepat. Masalah pada komponen tersebut dapat menyebabkan roda membengkak dan mengurangi ketebalan lapisan minyak antara roda cacing dan gigi cacing.  

  "Beban awal pegas roda gigi cacing diatur terlalu tinggi, sehingga meningkatkan gaya geser antar komponen. Sebagai akibat dari berkurangnya ketebalan lapisan gemuk dan peningkatan gaya geser, gesekan antara roda cacing dan roda gigi cacing meningkat," kata pejabat keselamatan federal dalam pemberitahuan recall.   Masalah-masalah tersebut dikatakan dapat meningkatkan upaya dan kesulitan mengemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan atau cedera.   NHTSA mengatakan Honda menerima laporan pertama tentang masalah tersebut pada tahun 2021 dan menerima beberapa laporan kualitas pasar dalam tiga tahun terakhir.   

  Pada akhir September, perusahaan "menentukan adanya cacat yang terkait dengan keselamatan kendaraan bermotor dan memutuskan untuk melakukan penarikan kembali produk karena alasan keselamatan," kata pejabat keselamatan federal.   Pemilik terdaftar dari semua kendaraan yang terkena dampak akan dihubungi dan akan diinstruksikan untuk membawa mobil mereka ke dealer Honda resmi yang akan "mengganti pegas roda cacing dengan komponen yang lebih baik dan mendistribusikan ulang atau menambahkan gemuk," menurut NHTSA dilansir via Quartz.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #gawat #sebanyak #juta #mobil #honda #bermasalah #area #setir #mulai #dari #sampai #civic #kena #recall

KOMENTAR