Hyundai All-New KONA Electric Terbukti Mampu Tempuh hingga 420 km Perjalanan Jakarta-Semarang Cukup dengan Sekali Charge
Rombongan peserta Hyundai Media Drive: The all-new KONA Electric saat melintas di jalur Tol Cipali. (HMID)
00:20
3 Oktober 2024

Hyundai All-New KONA Electric Terbukti Mampu Tempuh hingga 420 km Perjalanan Jakarta-Semarang Cukup dengan Sekali Charge

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menggelar acara “Hyundai Media Drive: The all-new KONA Electric. Acara tersebut diikuti 24 jurnalis untuk menjajal langsung performa dan kenyamanan berkendara berkat fitur dan teknologi terkini yangb disematkan dalam mobil listrik anyar tersebut.

Kegiatan itu dimulai pada Rabu (2/10) sampai Jumat (4/10). Tujuan dari kegiatan tersebut pada hari pertama adalah untuk melihat seberapa irit penggunaan daya dari The all-new KONA Electric. Hal ini pun terbukti, di mana all-new KONA Electric varian Signature Long Range mampu menempuh perjalanan hingga 420 km dalam satu kali pengisian daya dari Jakarta ke Semarang.

“Dalam perjalanan bersama Hyundai all-new KONA Electric, kami mengajak rekan media untuk menjelajahi ‘Your Future Playground’. Dengan menempuh perjalanan yang mencapai 420 km, peserta diharapkan dapat merasakan keunggulan all-new KONA Electric dan menikmati berkendara bebas khawatir dengan ekosistem EV lengkap dari Hyundai,’’ terang Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia.

Perjalanan hari pertama dimulai pada pagi hari. Para peserta start sekitar pukul 10.30. langsung menuju Tol Trans Jawa. Sebelum berangkat, pihak HMID memberikan berbagai kiat agar mobil yang dikendarai para peserta media drive dapat mulus sampai ke ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu tanpa perlu mengisi daya lagi di perjalanan.

Di antaranya adalah melajukan mobil dengan kecepatan maksimal 90 km per jam, tidak melakukan akselerasi secara mendadak, dan menggunakan drive mode eco. ’’Temperatur AC mobil juga sudah diatur pada 17 derajar Celcius dengan kecepatan fan 1,’’ papar Product Expert Assistant Manager HMID Bonar Pakpahan.

Varian all-new KONA Electric Signature Long Range yang dikendarai para peserta sudah dipastikan dayanya terisi penuh (100 persen, dengan daya jelajah maksimal 549 km) sebelum diberangkatkan. Selama perjalanan ada perhentian sebanyak dua kali, dan tidak ada satupun dari 8 mobil yang digunakan perlu untuk men-charge ulang baterainya.

Bahkan, saat sampai di Semarang, semua mobil masih memiliki sisa daya yang tergolong aman. Misalnya mobil yang dikendarai wartawan JawaPos.com masih memiliki sisa daya 20 persen, yang berarti mobil masih mampu menempuh 20 km perjalanan.

Mobil Hyundai all-new KONA Eletric yang ditumpangi wartawan JawaPos.com masih memiliki sisa daya 20 saat sampai di Semarang. (Dinarsa Kurniawan/JawaPos.com)

Dalam perjalanan dari Jakarta hingga Semarang, awak media juga dapat merasa aman saat berkendara dengan dukungan Hyundai Smartsense ketika melalui jalan tol. Sepanjang perjalanan, pengemudi bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat dengan lebih mudah berkat panduan dari Lane Keeping Assist (LKA).

Peserta juga bisa lebih mudah mengawasi titik buta kendaraan dengan memanfaatkan fitur Blind-Spot View Monitoring* yang akan aktif ketika pengendara menyalakan lampu sein kiri atau kanan, kemudian proyeksi kondisi secara real time akan muncul pada tampilan meter cluster.

Selain itu, dikarenakan awak media menempuh perjalanan yang panjang Driver Attention Warning (DAW)** juga menjadi fitur yang dapat semakin menjaga keamanan berkendara karena fitur ini dapat menganalisa perilaku mengemudi selama berkendara. Bila fitur mendeteksi kemungkinan pengemudi kelelahan (melalui gerakan kendaraan yang tidak normal/biasa) atau waktu mengemudi yang terlalu lama, akan muncul peringatan dalambentuk pesan maupun suara yang meminta pengemudi untuk beristirahat.

Sementara itu, All-new KONA Electric yang diluncurkan pada GIIAS 2024 lalu telah menerima respon yangluar biasa dari konsumen. Hal tersebut dikarenakan all-new KONA Electric merupakan lini kendaraan listrik terbaru dari Hyundai yang tidak hanya menghadirkan fitur canggih serta teknologi terkini, namun juga menggunakan baterai yang diproduksi di Indonesia. Tepatnya menggunakan baterai produksi lokal dari pabrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang bertempat di Karawang New Industry City, Jawa Barat.

All-new KONA Electric saat ini juga telah menjadi EV dengan komponen lokal terbesar di Indonesia. Hyundai melakukan perakitan all-new KONA Electric di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. PT HMMI telah menerapkan konsep smart factory yang ditetapkan principle global dengan menjalankan intelligent manufacturing dalam kegiatan operasionalnya. (*)

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #hyundai #kona #electric #terbukti #mampu #tempuh #hingga #perjalanan #jakarta #semarang #cukup #dengan #sekali #charge

KOMENTAR