Jurusan Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM Dipertanyakan, Benarkah Tak Ada Teknologi Kayu?
Presiden Jokowi saat berpidato di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (istimewa)
08:40
27 September 2024

Jurusan Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM Dipertanyakan, Benarkah Tak Ada Teknologi Kayu?

Ijazah yang dikantongi Presiden Jokowi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga kini terus disorot oleh publik. Pasalnya, warganet di dunia maya menemukan terlalu banyak kejanggalan.

Sebelumnya, beredar buku kenangan alumni Fakultas Kehutanan UGM yang memuat biodata Jokowi. Namun, riwayat pendidikan SMA yang tertera dalam biodata tersebut berbeda dari informasi yang tersebar selama ini.

Tak hanya itu, baru-baru ini seorang warganet kembali mempertanyakan jurusan yang diambil Joko Widodo selama berkuliah di UGM. Hal tersebut dicuitkan oleh akun X @DokterTifa yang menyorot jurusan sesama Jokowi berkuliah di UGM.

Pemilik akun mengunggah video lawas ketika Jokowi mengaku bahwa ia mengambil jurusan Teknologi Kayu di Fakultas Kehutanan. Namun, menurut penelusuran pemilik akun, tidak ada jurusan Teknologi Kayu di Fakultas Kehutanan UGM hingga saat ini.

Baca Juga: Dicap Berbohong karena Catut Nama Rakyat Demi Ambisi IKN, Rocky Gerung: Jokowi Langgar Prinsip Pacta Sunt Servanda

Cuitan warganet soal jurusan UGM. [X/DokterTifa]Cuitan warganet soal jurusan UGM. [X/DokterTifa]

"Kebohongan yang betul-betul sundul langit tak ada lawan karena melibatkan institusi besar, UGM. Satu, Joko Widodo, Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM, tidak pernah kuliah di jurusan Teknologi Kayu. Kenapa? Karena tidak pernah ada jurusan Teknologi Kayu di Fakultas Kehutanan UGM, dari sejak berdirinya fakultas tersebut di tahun 1963 sampai sekarang," cuit pemilik akun tersebut.

Lebih lanjut, warganet kemudian membeberkan jurusan apa saja yang tersedia di Fakultas Kehutanan UGM.

"Ada 4 jurusan yang ada: 1) Ekonomi dan Perusahaan Hutan. 2) Silvikultur. 3) Teknologi Kehutanan. 4) Konservasi Sumberdaya Hutan (saat ini keempat jurusan tersebut sudah berganti nama, tetapi tetap tidak ada jurusan Teknologi Kayu). Artinya, ketika Mulyono sampaikan dia kuliah di Fakultas Kehutanan jurusan Teknologi Kayu, entah dia lupa ingatan, gila dadakan, atau lupa contekan," tambahnya.

Situs UGM untuk Fakultas Kehutanan. [tangkapan layar]Situs UGM untuk Fakultas Kehutanan. [tangkapan layar]

Jika ditelusuri secara langsung melalui situs resmi UGM, Fakultas Kehutanan UGM memiliki empat bidang keilmuan yaitu, Manajemen Hutan, Silvikultur, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumber Daya Hutan.

Sontak, unggahan pemilik akun yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 600 kali ke sesama pengguna X itu pun menuai beragam komentar dari publik. Rupanya, tak sedikit warganet lainnya yang mempertanyakan hal serupa.

Baca Juga: Agak Laen, Pandji Pragiwaksono Sebut Kaesang 'Humblebrag' Gegara Ngeluh Beli Roti Rp 400 Ribu

"Anehnya lagi, Mulyono kan sering sekali berkunjung ke Yogyakarta biasanya stay di Gedung Agung, tapi selama 10 tahun berapa kali dia ke UGM? Mulyono dan anak-anaknya juga sangat jarang mendatangi forum-forum diskusi mahasiswa, seminar, dll. Seringnya ke pasar, mall, main tebak-tebakan ikan, bagi sepeda, kaos, duit!" cuit akun @evi*******

"Andai benar semua adalah kebohongan, berarti melibatkan UGm dan kebohongan ini benar-benar niat dilakukan, dan UGM juga perlu ditindak tegas," komentar @ssah*****

"Setelah Jokowi lengser, semoga ada kejelasan tentang ijazahnya Mulyono tersebut dan bila memang terbukti palsu, kita adili ramai-ramai," tambah @imam***********

"Heran juga, masa yang kuliah kehutanan tahun-tahun segitu nggak ada yang klarifikasi," sahut @par*********

"Yang jelas paling parah kebangetan masa iya sampai nyebut dulu jurusan atau prodinya apa sampai salah? Mana mungkin sampai nggak paham di luar kepala dulu prodinya apa, lha wong kuliah itu 4 tahun lebih. Ini dah bener-bener ndobos," timpal @mas******

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #jurusan #jokowi #fakultas #kehutanan #dipertanyakan #benarkah #teknologi #kayu

KOMENTAR