Kominfo Bongkar Awal Mula Kronologi Isu Menteri Mundur dari Kabinet Jokowi
Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di sela-sela acara Anugerah Jurnalistik Kominfo 2023 (AJK) di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/11/2023) malam. [Suara.com/Dicky Prastya]
08:16
22 Januari 2024

Kominfo Bongkar Awal Mula Kronologi Isu Menteri Mundur dari Kabinet Jokowi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan kronologi soal awal mula isu sejumlah menteri mundur Kabinet INdonesia Maju (KIM) periode 2019-2024.

Menkominfo menjelaskan, awal mula isu menteri Jokowi mundur ini bermula dari opini yang dilontarkan Ekonom Faisal Basri. Ia menyebut kalau topik 15 menteri mundur tersebut hanyalah sebuah opini dari sang ekonom, meski Budi Arie tak menyebut namanya.

"Itu kan opini, orang berpendapat. Satu ekonom berpendapat, disampaikan ke media, terus semua orang suruh percaya? Nanti dulu, faktanya enggak begitu kok," ungkap Budi Arie dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kominfo TV, dikutip Minggu (21/1/2024).

"Tapi itu pendapat, opini. 15 menteri mau mundur itu opini, bukan fakta," timpalnya lagi.

Ia mengaku sudah memeriksa informasi tersebut ke sejumlah menteri yang diisukan mundur dari Kabinet Jokowi.

"Faktanya saya sudah cek satu-satu. Bu ini ada berita begini enggak bu? Pak ada berita begini bener enggak? Enggak, semua membantah. Jadi daripada media tanyakan satu-satu menteri itu mending saya suruh jawab saja, isu tersebut tidak benar," tutur Budi Arie.

Budi Arie pun menilai kalau isu itu mencuat karena bertepatan dengan ajang Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden alias Pemilu 2024 serta Pilpres 2024.

"Kura-kura dalam perahu, sudah tahu pura-pura tidak tahu. Itulah begitu, ini dinamika biasa menjelang 14 Februari," jawab Budi Arie saat ditanya apakah isu ini berkaitan dengan ajang Pemilu.

"Ini kan mau masa krusial, biasalah semua manuver, semua usaha. Boleh saja enggak apa-apa. Namanya usaha. Cuma kan kita harus luruskan yang benar. Kalau memang faktanya enggak ada, kami harus sampaikan apa adanya," jelasnya.

Awal mula isu menteri mundur
Isu mundurnya Sri Mulyani pertama kali diungkapkan oleh ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah diskusi baru-baru ini. Faisal bahkan mengatakan Sri Mulyani adalah menteri Jokowi yang paling siap mundur.

"Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," klaim Faisal dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta.

Yah dukungan Jokowi dalam kontestasi politik Pemilu 2024 terhadap pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi alasan utama.

Tak hanya itu Faisal juga mengatakan Sri Mulyani dan Prabowo juga kerap berbeda pendapat, terutama untuk masalah anggaran.

"Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini segera insyaallah jadi pemicu yang dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto)," sambungnya.

Dalam acara program Closing Bell CNBC Indonesia, Faisal mengatakan kabar para menteri teknokrat untuk mundur merupakan hal yang logis karena teknokrat orang yang memiliki nilai etik dan moral yang kuat, baik itu ekonomi seperti Sri Mulyani, maupun nonekonom seperti Basuki.

"Teknokrat itu memiliki standar etika tidak tertulis. Jadi kalau dia diminta oleh atasannya yang akhirnya melanggar aturan, dia bilang 'sorry nggak mau, tidak bisa, kalau bapak mau terus atau ibu mau terus silakan saya mundur. Itu biasa di mana-mana," tuturnya.

Faisal Basri menyebut standar nilai yang mengganggu perasaan para menteri teknokrat ialah terlalu banyaknya intervensi yang masuk dalam tugas dan fungsi mereka untuk kepentingan politik tertentu. Apalagi yang terkait dengan penggunaan anggaran negara.

"Jadi Pak Jokowi ini ingin keliling Indonesia 2024 lebih intens, bagikan apalah gitu ya, 'wah itu anggarannya belum ada di APBN', 'tapi uangnya ada?' diusahakan pak,' 'laksanakan'. Itu kan kalau dilakukan crime, karena setiap sen dari APBN itu harus persetujuan, nggak bisa dijumbalit-jumbalitkan begitu, nah mulai resah teman-teman ini," beber Faisal.

Meski demikian Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo sendiri sudah pernah membantah kabar pengunduran diri Sri Mulyani. Di dunia maya isu kemunduran Sri Mulyani disebut karena sang Bendahara Negara kecewa dengan pemerintahan saat ini.

"Klarifikasi: Tidak ada pernyataan Menkeu SMI mengundurkan diri dari jabatan Menkeu, meskipun ada rumor beredar. Sampai saat ini Ibu Sri Mulyani tetap menjalankan tugas menjaga keuangan negara dengan penuh tanggung jawab," kata Prastowo di akun X @prastow pekan lalu.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #kominfo #bongkar #awal #mula #kronologi #menteri #mundur #dari #kabinet #jokowi

KOMENTAR