Formasi Timnas Indonesia usai Maarten Paes Gabung, STY Bisa Pakai 11 Pemain Naturalisasi!
Kiper naturalisasi milik FC Dallas, Maarten Paes resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia. [Dok. Instagram/@fcdallas]
11:48
19 Agustus 2024

Formasi Timnas Indonesia usai Maarten Paes Gabung, STY Bisa Pakai 11 Pemain Naturalisasi!

Kiper FC Dallas, Maarten Paes, kini resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berhasil menyelesaikan proses perubahan asosiasinya pada Minggu (18/8/2024).

PSSI mengumumkan bahwa FIFA telah memberikan lampu hijau perihal proses perubahan asosiasi setelah sebelumnya sempat terjegal aturan.

Keputusan FIFA ini menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia yang sedang mencari penjaga gawang berkualitas untuk memperkokoh pertahanan mereka.

Maarten Paes, yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 30 April 2024.

Baca Juga: Momen Elkan Baggott Kalah Duel Berujung Blackpool Kebobolan, Shin Tae-yong Sudah Tepat?

Namun, debutnya bersama Timnas Indonesia tertunda karena aturan FIFA terkait perpindahan asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Sebelumnya, Paes sempat memperkuat Timnas Belanda U-21 dalam Kualifikasi Euro U-21 2021, saat usianya sudah 22 tahun. Hal ini membuatnya melanggar satu aturan FIFA perihal syarat perpindahan asosiasi.

Kiper naturalisasi milik FC Dallas, Maarten Paes resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia. [Dok. Instagram/@fcdallas]Kiper naturalisasi milik FC Dallas, Maarten Paes resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia. [Dok. Instagram/@fcdallas]

Namun, berkat upaya PSSI yang mengajukan masalah ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), Paes kini resmi bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

Dengan kehadiran Maarten Paes, pelatih Shin Tae-yong memiliki opsi tambahan yang sangat berharga untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada laga pertama Grup C, Indonesia akan bertandang ke Arab Saudi di Jeddah pada 5 September mendatang, sebelum menghadapi Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 19 Agustus 2024.

Baca Juga: Reaksi Ramah Pemain Keturunan usai Maarten Paes Bela Timnas Indonesia

Situs web statistik sepak bola terkenal, Transfermarkt, menyoroti bahwa kehadiran Maarten Paes menambah kedalaman skuad Timnas Indonesia. "Kedalaman skuad di sisi penjaga gawang dipastikan akan bertambah seiring resminya Maarten Paes menjadi WNI," tulis Transfermarkt.

Dengan bergabungnya Maarten Paes, Timnas Indonesia berpeluang menurunkan 11 pemain naturalisasi atau keturunan dalam starting line-up mereka.

Sebelum Paes, Indonesia telah menaturalisasi beberapa pemain seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On, yang kini dapat bergabung dengan pemain lain seperti Justin Hubner, Jordi Amat, hingga Rafael Struick.

Berikut prediksi susunan pemain dan formasi Timnas Indonesia dengan 11 pemain naturalisasi usai Maarten Paes bergabung:

Timnas Indonesia (3-4-1-2): Maarten Paes; Justin Hubner, Jodri Amat, Jay Idzes; Sandy Walsh, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Ivar Jenner; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #formasi #timnas #indonesia #usai #maarten #paes #gabung #bisa #pakai #pemain #naturalisasi

KOMENTAR