Hasil Balapan MotoGP Austria 2024 Janjikan Rekor Langka jika Jorge Martin Juara di Red Bull Ring
Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia (kiri), pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin (tengah), dan pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez (kanan) berlomba dalam Tissot Sprint Race akhir pekan MotoGP Austria di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024. 
13:10
18 Agustus 2024

Hasil Balapan MotoGP Austria 2024 Janjikan Rekor Langka jika Jorge Martin Juara di Red Bull Ring

- Hasil MotoGP Austria 2024 menjanjikan sebuah rekor jika Jorge Martin mampu mengakhiri balapan sebagai yang terdepan. JM89 akan tergabung dengan gerbong pembalap 'langka' seperti Andrea Iannone dan Francesco Bagnaia.

Balapan MotoGP Austria 2024 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Styria, Minggu (18/8/2024) pukul 19.00 WIB.

Siaran langsung balapan utama MotoGP Austria 2024 live TRANS7, maupun dapat gp mania Tanah Air saksikan via streaming Vidio.com dan Vision+.

Sorotan tertuju kepada pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, yang harus rela turun ke posisi dua klasemen sementara MotoGP 2024. 

Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia (kiri), pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin (tengah), dan pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez (kanan) berlomba dalam Tissot Sprint Race akhir pekan MotoGP Austria di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024. Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia (kiri), pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin (tengah), dan pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez (kanan) berlomba dalam Tissot Sprint Race akhir pekan MotoGP Austria di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024. (Foto oleh Jure Makovec / AFP)

JM89 mengumpulkan poin 250, angka yang sama dengan Francesco Bagnaia selaku pemuncak klasemen. Akan tetapi Peco Bagnaia lebih berhak menduduki urutan pertama karena unggul dalam jumlah kemenangan.

Pecco mengemas 6 kemenangan di balapan utama, berbanding 2 dari Jorge Martin.

Menariknya, Jorge Martin dapat membukukan rekor fantastis di balapan nanti malam.

Start dari P1, JM89 memiliki peluang besar untuk mengakhiri race di urutan pertama. Sekaligus bisa mengambil alih posisi pertama di tabel klasemen.

Jika terealisasi Martinator, julukan Martin, mengkonversikan pole position menjadi kemenangan di GP Austria, maka dia merupakan pembalap ketiga yang mampu melakukannya.

Sejak Red Bull Ring menggelar balapan MotoGP era MotoGP 4-Tak tahun 2016, hanya ada dua pembalap yang bisa meraih kemenangan saat mengawali balapan sebagai polesitter.

Kedua rider tersebut ialah Andrea Iannone dan Pecco Bagnaia.

Iannone memenangkan MotoGP Austria 2016 saat memulai balapan sebagai polesitter. Pria berjuluk The Maniac tersebut kala itu berstatus pembalap pabrikan Ducati.

Sedangkan Pecco Bagnaia mampu mengukir sukses serupa pada edisi 2023. Jorge Martin akan bergabung dengan Bagnaia dan Iannone dalam hal ini.

Namun dipastikan usaha Martin untuk meraih kemenangan MotoGP Austria 2024, tidak akan berjalan mulus.

Satu di antara hambatan terbesar jelas Pecco Bagnaia.

Dia meraih kemenangan GP Austria dua musim beruntun, tepatnya tahun 2022 dan 2023.

Jika suami Domizia Castagnini tersebut kembali mengecap hasil manis di balapan akhir pekan ini, maka dia resmi mengukir sejarah.

Pecco Bagnaia jadi pembalap pertama peraih  kemenangan tiga musim beruntun MotoGP Austria era MotoGP 4-tak.

Terlebih dengan peforma impresif yang dia perlihatkan sepanjang sprint race kemarin, Sabtu (17/8) malam WIB, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya duel antara Bagnaia dengan Martin.

Daftar Pole Position + Pemenang MotoGP Austria di Red Bull Ring

2024 - Jorge Martin - ??????

2023 - Francesco Bagnaia - Francesco Bagnaia

2022 - Enea Bastianini - Francesco Bagnaia

2021 - Jorge Martin - Brad Binder

2020 - Maverick Vinales - Andrea Dovizioso

2019 - Marc Marquez - Andrea Dovizioso

2018 - Marc Marquez - Jorge Lorenzo

2017 - Marc Marquez - Andrea Dovizioso

2016 - Andrea Iannone - Andrea Iannone

Keterangan: Musim - Pole Position - Pemenang Balapan

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Arif Tio Buqi Abdulah

Tag:  #hasil #balapan #motogp #austria #2024 #janjikan #rekor #langka #jika #jorge #martin #juara #bull #ring

KOMENTAR