Pengamat Ini Bongkar Timnas Indonesia Bakal Kelimpungan Kalau Maarten Paes Tak Jadi Kiper lawan Arab Saudi karena Ini
Kiper Indonesia, Maarten Paes berlatih bersama skuad MLS All-Star 2024. [Dok. Instagram/@maartenpaes]
12:00
15 Agustus 2024

Pengamat Ini Bongkar Timnas Indonesia Bakal Kelimpungan Kalau Maarten Paes Tak Jadi Kiper lawan Arab Saudi karena Ini

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes kemungkinan besar tak bisa bela skuad Garuda melawan Arab Saudi dan Australia di ronde 3 kualifikasi Piala Dunia 2026. Jadwal sidang CAS belum jelas.

Sehingga ada komentar dari pengamat sepak bola, Bung Ropan, jika kecil kemungkinan Maarten Paes akan tersedia.

"Sekarang masih menjadi tanda tanya, apakah bisa ikut apa tidak Maarten Paes. Belum ada kabar, info terbaru yang A1. Saya sendiri ragu dia bisa lawan Arab dan Australia," kata Bung Ropan dalam kanal Youtube-nya, Kamis (15/8/2024).

Terlebih menurut dia, jika memang Maarten Paes tidak bisa tersedia, maka Timnas Indonesia akan kesulitan melawan Arab Saudi.

Baca Juga: Jay Idzes Harus Absen di Laga Perdana Serie A Italia

"Kalau melawan Arab Saudi kalah, itu berbahaya buat kita. Apalagi bertemu lawan lebih kuat, Australia. Paling tidak kalau dapatkan 1 poin enak," kata dia.

Status kewarganegaraan Indonesia yang telah diperoleh Maarten Paes belum otomatis membuatnya berhak membela Timnas Indonesia.

Kiper Indonesia, Maarten Paes berlatih bersama skuad MLS All-Star 2024. [Dok. Instagram/@maartenpaes]Kiper Indonesia, Maarten Paes berlatih bersama skuad MLS All-Star 2024. [Dok. Instagram/@maartenpaes]

Kendala utama terletak pada regulasi FIFA terkait perpindahan federasi pemain lewat sidang CAS.

Maateen Paes pernah membela Timnas Belanda U-21 setelah melewati batas usia yang ditentukan, sebuah pelanggaran yang menjadi penghalang bagi karier internasionalnya bersama Indonesia.

PSSI tengah berupaya keras untuk mengatasi permasalahan ini.

Baca Juga: Jordi Amat Tersedia! Prediksi Skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Duet Jay Idzes-Elkan Baggott?

Sebelumnya Sekjen PSSI Yunus Nusi telah mengumumkan bahwa sidang terkait kasus Paes akan digelar pada 15 Agustus 2024, dengan hasil yang diharapkan akan diumumkan pada 18 Agustus.

“15 Agustus sidang (Maarten Paes). Tanggal 18 pengumuman. Insya Allah kita akan berusaha memenangkan itu,” ungkap Yunus Nusi beberapa waktu lalu.

Dilihat Suara.com dari daftar sidang di laman CAS, tidak ada sidang hari ini. CAS mulai sidang terdekat pada 28 Agustus 2024, itu pun bukan sidang sengketa Maarten Paes.

"TAS 2024/A/10462 Club Atlético Huracán c. Sportivo Luqueño," tulis agenda CAS.

Lalu sidang lain di 3 September 2024. Sampai 29 September 2024, tidak ada agenda sidang Maarten Paes di CAS.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #pengamat #bongkar #timnas #indonesia #bakal #kelimpungan #kalau #maarten #paes #jadi #kiper #lawan #arab #saudi #karena

KOMENTAR