Kisah Valentino Rossi Nyaris Meregang Nyawa di MotoGP Austria, Awal Mula Zarco Dijuluki Pembunuh
Valentino Rossi di insiden MotoGP Austria Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (16/8/2020). 
21:40
14 Agustus 2024

Kisah Valentino Rossi Nyaris Meregang Nyawa di MotoGP Austria, Awal Mula Zarco Dijuluki Pembunuh

- Balapan MotoGP Austria 2024 di Sirkuit Red Bull Ring menghadirkan berbagai kisah dan cerita menarik. Namun ada juga yang membuat gp mania deg-degan, termasuk insiden 'horor' yang melibatkan legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Balapan MotoGP Austria 2024 akan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Styria, Jumat (16/8) hingga Minggu (18/8).

Namun sebelum menikmati balapan MotoGP Austria akhir pekan ini, gp mania perlu diingatkan bagaimana horornya Valentino Rossi nyaris meregang nyawa saat balapan di lintasan sepanjang 4,3 km tersebut.

Tepatnya di MotoGP Austria 2020, Monster Energy Yamaha yang kala itu masih digawangi Valentino Rossi dan Maverick Vinales, nyaris dihantam badan motor yang mengalami kecelakaan dengan kecepatan tinggi.

Insiden itu terjadi pada lap kesembilan, saat balapan dipimpin Andrea Dovizioso, Jack Miller, Joan Mir dan Miguel Oliveira di rombongan terdepan.

Kemudian tak jauh dari itu ada rombongan kedua dengan Maverick Vinales dan Valentino Rossi, yang baru saja melewati tikungan 2 dan menuju tikungan 3 Red Bull Ring.

Beberapa meter di belakangnya ada Johann Zarco dan Franco Morbidelli, yang sedang memperebutkan posisi kedelapan.

Morbidelli melihat celah untuk melewati Zarco di tikungan 2, namun pembalap asal Prancis tersebut mencoba menutup ruang untuk mengamankan posisinya.

Zarco yang melaju sedikit melebar jalur, membuat Morbidelli yang melaju kencang di belakangnya menabraknya dengan sangat keras.

Tabrakan terjadi dalam kecepatan sangat tinggi, membuat kedua pembalap terjatuh sedangkan motornya melaju tak terkendali.

Dengan lay-out yang sedemikian rupa, motor Johann Zarco dan Franco Morbidelli melesat kencang keluar area run off tikungan 2 dan mengarah ke area trek jalur keluar tikungan 3.

Beberapa kali motor kedua pembalap terbanting di atas gravel. Namun sangking cepatnya, laju motor tak mau berhenti, justru semakin cepat.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang berada di jalur tikungan 3 tidak menyadari adanya ancaman berupa 'bongkahan' motor yang mengancam dari sisi kanan mereka.

Motor Zarco dan Morbidelli nyaris menghantam kedua pembalap Yamaha kala itu. Bahkan badan motor Morbidelli melintas tepat di depan wajah Rossi, yang menunjukkan gesture kaget.

Meleset sepersekian detik saja, Vinales dan Rossi akan terkena hantaman dari dua motor yang crash tersebut.

Dan sangat mungkin keduanya cedera parah, bahkan bisa saja kehilangan nyawanya karena insiden tersebut sangat berbahaya.

Balapan kemudian sempat dihentikan dan sangat beruntung hanya Zarco dan Morbidelli saja yang menderita cedera.

Zarco pun mendapat kritikan tajam karena kejadian tersebut, bahkan disebut oleh Rossi dan Morbidelli sebagai 'Half Killer' atau Manusia Setengah Pembunuh.

Namun saat situasi sudah mereda, baik Morbidelli dan Zarco pun berdamai hingga menarik sebutan 'Half Killer' tersebut.

Setelah kejadian itu, pengelola trek pun membuat sebuah chicane di tikungan 2 Red Bull Ring untuk meningkatkan keselamatan para pembalap.

Selain itu mereka juga memasang air fence di pinggir area dalam tikungan 3 untuk menunjang keselamatan pembalap.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Dwi Setiawan

Tag:  #kisah #valentino #rossi #nyaris #meregang #nyawa #motogp #austria #awal #mula #zarco #dijuluki #pembunuh

KOMENTAR