Blunder PBVSI Menjadi, Timnas Voli Putri Indonesia Mundur dari Turnamen VTV CUP 2024 di Vietnam
Megawati Hangestri (tiga dari kiri) saat perkuat Indonesia melawan Vietnam pada pertandingan SEA V League 2024 putaran II di Thailand, Jumat (9/8/2024) malam WIB. Vietnam menang 3-1. 
13:20
13 Agustus 2024

Blunder PBVSI Menjadi, Timnas Voli Putri Indonesia Mundur dari Turnamen VTV CUP 2024 di Vietnam

- Timnas voli putri Indonesia tidak ikut-serta dalam turnamen Internasional yang diselenggarakan Vietnam. Batalnya Megawati Hangestri cs mengikuti turnamen VTV Cup 2024 setelah tampil buruk di SEA V League 2024.

Blunder PBVSI dinilai semakin menjadi setelah batal mengirim Timnas voli putri Indonesia ke ajang VTV CUp 2024.

VTV Cup merupakan turnamen rutin tahunan yang diselenggarakan Vietnam. Kali ini, VTV 2024 berlangsung 24 hingga 31 Agustus mendatang.

Sebanyak 8 tim bertarung di VTV CUp 2024, dengan mengundang sejumlah klub dan negara untuk ambil bagian. 

Skuad Timnas voli putri Indonesia di SEA V League 2024. Megawati Hangestri kembali menelan kekalahan saat digulung Vietnam 3-0 di Vinh Phuc Gymnasium, Hanoi, Sabtu, (3/8/2024). Skuad Timnas voli putri Indonesia di SEA V League 2024. Megawati Hangestri kembali menelan kekalahan saat digulung Vietnam 3-0 di Vinh Phuc Gymnasium, Hanoi, Sabtu, (3/8/2024). (Laman resmi SEA V League)

Timnas voli putri Indonesia menjadi satu di antaranya. Akan tetapi dalam laporan media Vietnam, TheThao247, Timnas voli putri Indonesia memilih mengundurkan diri dari VTV CUp 2024.

Tidak dijelaskan secara detail, mengapa Megawati Hangestri dan kolega mengurungkan berpartisipasi di turnamen yang notabene-nya memberikan keuntungan bagi srikandi voli Merah-Putih.

Kabarnya, Timnas voli putri Indonesia yang semula berada di grup A, akan digantikan oleh tim voli asal Filipina.

"Menurut informasi terkini, kemungkinan besar tim Indonesia akan mundur dari turnamen tersebut dan digantikan oleh tim voli putri Universitas Nasional Filipina," bunyi pernyataan media Vietnam, TheThao247.

Masih menjadi tanda tanya besar mengapa Indonesia memilih mundur. Akan tetapi, diduga penyebab Timnas voli putri Indonesia batal dikirim ke Vietnam, tak lepas dari peforma buruk saat berjuang di SEA V League 2024.

Catatan hitam melekat di skuad Timnas voli putri Indonesia asuhan Chamnan Dokmai setelah melakoni 6 laga dari dua putaran.

Putaran I di Vietnam, Arsela Nuari dan kolega tidak sekalipun mengukir kemenangan. Mereka kalah 3-0 dari Vietnam dan Thailand, serta kalah mengejutkan 3-1 atas Filipina.

PBVSI kemudian melakukan sedikit perombakan skuad, dengan memasukkan Tisya Amallya menggantikan Tiara Sanger, dan Nurlaili Kusumah menggantikan Aulia Suci.

Namun hasil positif tak kunjung diraih. Di putaran II yang berlangsung di Nakhon Ratchasima, Thailand, tim besutan Timnas voli putri Indonesia, lagi-lagi menjadi bulan-bulanan.

Dari tiga laga, tim yang dikapteni Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi ini menjadi pihak yang kalah.

Rentetan hasil minor yang diraih Megawati dkk. menjadi warning keras bagi PBVSI. Yang secara persiapan, memang kurang ketika mengirimkan skuad voli putri Indonesia ke turnamen kawasan Asia Tenggara tersebut.

Kritik terus mengalir ke PBVSI, yang mayoritas berisikan kurangnya waktu TC dan pengalaman bertanding di level Internasional.

Namun yang menjadi pertanyaan, ketika Megawati cs membutuhkan jam terbang di ajang seperti VTV CUp, justru realitasnya malah sebaliknya. Timnas voli putri Indonesia batal berpartisipasi.

Media Filipina pun memberikan laporan serupa, bahwa Filipina mengirimkan perwakilan bernama "Paint Master-NU" untuk menggantikan Indonesia di ajang VTV CUP 2024.

"Paint Master dari Filipina akan menggantikan Timnas Indonesia berpartisipasi di VTV CUp," bunyi Volleytrails.

Ini menjadi tanda tanya besar, ketika PBVSI harus membuat terobosan untuk mengembalikan peforma impresif tim voli putri Indonesia. Justru mengambil keputusan yang cenderung merugikan bagi perkembangan bola voli putri Tanah Air.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Arif Tio Buqi Abdulah

Tag:  #blunder #pbvsi #menjadi #timnas #voli #putri #indonesia #mundur #dari #turnamen #2024 #vietnam

KOMENTAR