Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam dalam Poling AFC Jelang Bentrok di Piala Asia 2023
Ilustrasi pertandingan Vietnam vs Timnas Indonesia dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024) malam WIB (Suara.com).
19:18
19 Januari 2024

Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam dalam Poling AFC Jelang Bentrok di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia untuk sementara unggul dari Vietnam dalam poling yang dilakukan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) jelang matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024).

AFC seperti biasa, melakukan poling atau pemungutan suara lewat media sosial X yang bisa diikuti para penggemar.

Jelang duel Timnas Indonesia vs Vietnam, AFC memunculkan poling itu pada pukul 16.00 WIB dibarengi oleh cuitan yang berisi poster duel dua negara Asia Tenggara tersebut.

"Negara ASEAN mana yang akan memenangkan pertandingan?" tanya AFC dalam cuitannya.

Hingga satu jam poling berjalan, Timnas Indonesia unggul jauh dari Vietnam. Garuda mendapat voting menang 67,6 persen berbanding 32,4 persen untuk Vietnam.

Poling dari AFC ini akan ditutup pada pukul 21.00 WIB alias setengah jam jelang kick-off pertandingan bertajuk derbi Asia Tenggara ini.

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga memenangkan poling jelang laga kontra Irak dalam matchday pertama Grup D pada Senin (15/1/2024) lalu.

Namun, hasil poling berbanding terbalik dengan kenyataan di mana Timnas Indonesia justru takluk dengan skor 1-3 dari tim berjuluk Singa Mesopotamia.

Merujuk rekor pertemuan, Timnas Indonesia tidak diunggulkan dalam laga ini. Pasalnya, dalam tujuh tahun terakhir, Garuda selalu kalah dominan dari lawannya itu.

Kali terakhir Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam adalah pada Desember 2016 di Piala AFF. Setelahnya, tim Merah Putih hampir selalu pulang dengan kekecewaan.

Bahkan, sejak dilatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia juga tak pernah mengalahkan Vietnam dengan rincian dua imbang dan dua kalah.

Mirisnya, dalam periode tersebut, tim Merah Putih tidak mampu mencetak gol. Kali terakhir Timnas Indonesia membobol gawang Vietnam terjadi pada 2019 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lewat Irfan Bachdim.

Laga kedua Grup D ini bakal menentukan nasib kedua tim di Piala Asia 2023. Andai gagal meraih poin penuh, peluang Timnas Indonesia maupun Vietnam untuk melangkah ke 16 besar bakal sangat tipis.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat empat atau terakhir dalam klasemen Grup D dengan nol poin, setara Vietnam tetapi kalah jumlah mencetak gol.

Di laga terakhir, Indonesia akan berhadapan dengan tim raksasa Jepang, sementara Vietnam ditunggu Irak.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #kalahkan #vietnam #dalam #poling #jelang #bentrok #piala #asia #2023

KOMENTAR