Bukan Tim Abal-abal, Jejak Mengerikan Muangthong United Raksasa Liga Thailand Dikabarkan Calon Klub Ronaldo Kwateh
Laga uji coba Timnas Indonesia U-20 vs Cakallikli Spor di Lapangan Kempinski Hotel Football, Antalya, Turki, Senin (24/10/2022). [Dok. PSSI]
13:48
3 Agustus 2024

Bukan Tim Abal-abal, Jejak Mengerikan Muangthong United Raksasa Liga Thailand Dikabarkan Calon Klub Ronaldo Kwateh

Muangthong United, salah satu raksasa sepak bola Thailand, tengah menjadi sorotan dunia setelah dikabarkan mengincar talenta muda Indonesia, Ronaldo Kwateh.

Klub yang berbasis di Nonthaburi ini memang dikenal memiliki ambisi besar dalam merekrut pemain berkualitas, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bermula dari sebuah sekolah sepak bola bernama Norgjorg Pittayanusorn pada tahun 1989, klub ini telah mengalami transformasi yang signifikan.

Penyerang Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh. [ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A]Penyerang Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh. [ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A]

Setelah beberapa kali pergantian nama dan kepemilikan, Muangthong United akhirnya menemukan jati dirinya di bawah naungan Siam Sport Syndicate pada tahun 2007.

Baca Juga: Senasib Marselino Ferdinan, 'Si Anak Hilang' Timnas Indonesia Rp 3,04 Miliar Ini Digosipkan Gabung ke Klub Liga 1 ASEAN

Sejak saat itu, klub ini menjelma menjadi salah satu kekuatan dominan di Liga Thailand.

Dengan dukungan finansial yang kuat dan manajemen yang profesional, Muangthong United berhasil merengkuh berbagai gelar bergengsi, termasuk beberapa gelar juara Liga Thailand.

Stadion Thunderdome, markas klub yang megah, menjadi saksi bisu dari berbagai momen bersejarah yang diciptakan oleh para pemain Muangthong United.

Pemain Timnas U-20 Indonesia Ronaldo Joybera Junior menggiring bola melewati pemain Timnas U-20 Irak Ali Jasim dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. Pemain Timnas U-20 Indonesia Ronaldo Joybera Junior menggiring bola melewati pemain Timnas U-20 Irak Ali Jasim dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Ambisi klub untuk terus meraih prestasi terbaik tidak hanya terlihat dari pencapaian domestik, tetapi juga dari upaya mereka untuk mendatangkan pemain-pemain bintang.

Muangthong United telah berhasil merekrut sejumlah pemain terkenal dari berbagai negara, termasuk mantan pemain Premier League seperti Xisco dan Robbie Fowler.

Baca Juga: Hitung-hitungan Shin Tae-yong Panggil Maarten Paes saat Timnas Indonesia vs Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jika rumor transfer Ronaldo Kwateh benar adanya, maka ini akan menjadi langkah besar bagi sepak bola Indonesia.

Bergabung dengan klub sebesar Muangthong United akan memberikan peluang bagi Kwateh untuk mengembangkan kariernya dan bersaing di level yang lebih tinggi.

Selain itu, kehadiran Kwateh juga diharapkan dapat meningkatkan popularitas sepak bola Indonesia di kancah internasional.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari kedua belah pihak antara Ronaldo dan klub.

Menariknya, Ronaldo Kwateh sempat menghilang dari radar setelah pindah ke klub Turki, Bodrum FK.

Kini, pemain muda berbakat ini dikabarkan akan kembali ke Asia Tenggara untuk melanjutkan kariernya.

Berdasarkan data transfermarkt, kontrak Ronaldo Kwateh bersama Bodrum FK masih berlaku hingga Juni 2025.

Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai mekanisme kepindahannya ke Muangthong United.

Kemungkinan besar, transfer ini akan dilakukan dengan status pinjaman dengan opsi pembelian permanen di akhir musim.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #bukan #abal #abal #jejak #mengerikan #muangthong #united #raksasa #liga #thailand #dikabarkan #calon #klub #ronaldo #kwateh

KOMENTAR