Ringankan Pundak STY, Fans Diminta Sadar Timnas Indonesia Butuh Waktu untuk Imbangi Level Raksasa Asia
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, telah menetapkan target ambisius untuk skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram Shin Tae-yong)
07:30
3 Agustus 2024

Ringankan Pundak STY, Fans Diminta Sadar Timnas Indonesia Butuh Waktu untuk Imbangi Level Raksasa Asia

Pengamat sepak bola, Kesit Budi Handoyo menilai Timnas Indonesia butuh waktu untuk bisa naik level dan bersaing dengan negara besar Asia.

Karenanya, fans diminta sadar bahwa pelatih Shin Tae-yong bukan pesulap yang bisa secara instan mendongrak level skuad Garuda.

Pernyataan itu disampaikan Kesit saat membahas peluang Timnas Indonesia finis empat besar Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menurut Kesit, peluang Timnas Indonesia untuk setidaknya melaju ke putaran keempat memang ada. Namun, Justin Hubner dan kawan-kawan butuh kerja ekstra keras untuk bisa mewujudkannya.

Baca Juga: Breaking News! Mauresmo Hinoke Unfollow IG Timnas Indonesia, Buntut Batal Naturalisasi?

Sebagai informasi, hanya tim peringkat dua besar dalam masing-masing grup putaran ketiga yang berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

Sementara tim yang finis di peringkat ketiga dan keempat grup berhak untuk melanjutkan perjuangannya ke putaran keempat.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China. Skuad Garuda pun menjadi tim dengan Ranking FIFA terendah di grup tersebut.

Selain itu, seluruh tim di Grup C kecuali Bahrain, sudah punya pengalaman tampil di putaran final Piala Dunia. Hal itu dinilai menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia yang bahkan baru pertama kali lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)

"Kita baru mau memulai mendekati level mereka," kata Kesit saat berbincang dengan Suara.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Rencana China Gagal Total! PSSI Siap Carter Pesawat Mewah untuk Timnas Indonesia

"Nah, ini kan butuh waktu. Sekarang ada kesempatan untuk menaikan level permainan kita di putaran ketiga ini," tambahnya.

Timnas Indonesia merupakan satu-satunya tim Asia Tenggara yang berhasil melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pencapaian itu menyamai apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand yang masing-masing jadi wakil ASEAN di putaran ketiga pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan 2022.

Timnas Indonesia diharapkan bisa meraih prestasi yang lebih baik dibanding Vietnam dan Thailand saat bermain di putaran ketiga.

Vietnam dan Thailand diketahui babak belur dan masing-masing mengakhiri putaran ketiga di dasar klasemen grup.

Meski sulit, Shin Tae-yong sempat mengatakan bahwa Timnas Indonesia mengincar finis empat besar. Target paling realistis disebut juru taktik Korea Selatan itu adalah meloloskan Garuda ke Piala Dunia 2026 melalui jalur playoff.

"Jujur di grup kami Jepang dan Australia memiliki peluang tertinggi untuk lolos [sebagai peringkat 1-2 di GrupC]," kata Shin Tae-yong dikutip dari YouTube Lee Gyeong-gyu.

"Target saya adalah mencapai posisi ketiga atau empat. Akan bagus jika mendapatkan dua tiket, jika tidak kami akan bermain di playoff dengan tiket 0,5," tambahnya.

Timnas Indonesia akan memulai Grup C putaran ketiga dengan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September 2024. Setelahnya, Garuda akan menjamu Australia lima hari berselang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ringankan #pundak #fans #diminta #sadar #timnas #indonesia #butuh #waktu #untuk #imbangi #level #raksasa #asia

KOMENTAR