Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Media Vietnam Bereaksi Seperti Ini
Shin Tae-yong serius mengamati anak asuhnya dalam sebuah ajang (pssi.org)
22:06
1 Agustus 2024

Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Media Vietnam Bereaksi Seperti Ini

PSSI memastikan bahwa Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih timnas Indonesia untuk ASEAN Cup 2024 atau sebelumnya disebut Piala AFF.

Sebelumnya sempat beredar bahwa PSSI akan menggantikan posisi Shin Tae-yong di ajang ASEAN Cup 2024. Pasalnya jadwal turnamen itu sangat mepet dengan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada akhirnya, PSSI memastikan Shin Tae-yong tetap menangani skuad Garuda untuk ASEAN Cup 2024. Meski begitu, pemain yang akan dibawa adalah dari tim U-23.

"Kemarin sesuai arahan pak Ketua Umum saat rapat, itu beliau menyampaikan sudah disepakati dengan coach Shin Tae-yong. Bahwa yang akan dipakai untuk SEA Games. Untuk Piala AFF 2024 adalah yang akan main di SEA Games. Berarti U-23 dengan pelatih Shin Tae Yong," kata Sumarji saat ditemui di Jakarta, Rabu malam.

Baca Juga: Persiapan TC di Korea, Jens Raven Justru Tinggalkan Timnas Indonesia, Apa Alasannya?

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mendapatkan fasilitas berupa golden visa yang diberikan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Official website PSSI/PSSI.org)Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mendapatkan fasilitas berupa golden visa yang diberikan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Official website PSSI/PSSI.org)

Sumardji, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, menegaskan bahwa keputusan ini sudah final dan telah disepakati bersama dengan Shin Tae-yong.

Mengetahui kabar ini, media Vietnam ikut merespons. Mereka beranggapan bahwa Golden Star Warriors bisa punya peluang lebih besar untuk juara melihat timnas Indonesia yang hanya akan diperkuat pemain muda.

"Timnas Indonesia pasti akan menggunakan skuad muda untuk Piala AFF 2024 dan ini menjadi peluang besar bagi rivalnya, termasuk Vietnam," tulis laporan Soha.vn.

Walau begitu, media Vietnam tetap mengapresiasi langkah timnas Indonesia menggunakan pemain muda. Sebab, ini menunjukkan bahwa perkembangan tim Merah Putih baik.

"Langkah Indonesia ini membuktikan bahwa sepak bola mereka memiliki perkembangan terbaik di Asia Tenggara," jelas laporan media Vietnam.

Baca Juga: Masya Allah! Indra Sjafri Singgung Hadist Nabi Muhammad SAW saat Bela Arkhan Kaka dari Bully Netizen

"Mereka menjadi satu-satunya tim yang melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tampaknya tidak terlalu tertarik di kancah regional lagi seperti Piala AFF," sambungnya.

Adapun timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup B ASEAN Cup 2024 bersama Vietnam, Filipina, Laos, dan Myanmar.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #shin #yong #latih #timnas #indonesia #asean #2024 #media #vietnam #bereaksi #seperti

KOMENTAR