Tanggapan Mengejutkan Indra Sjafri Soal Jens Raven Ingin Masuk Skuad Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (depan kedua kiri) bersama sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia, tim pelatih serta ofisial tim berselebrasi usai mengalahkan Timnas Thailand dalam pertandingan final Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/app/tom]
06:48
30 Juli 2024

Tanggapan Mengejutkan Indra Sjafri Soal Jens Raven Ingin Masuk Skuad Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menanggapi keinginan Jens Raven masuk Timnas Indonesia senior dan U-23 besutan Shin Tae-yong. Indra Sjafri menjawab dengan diplomatis.

Jens Raven, bintang muda Timnas Indonesia U-19, mengutarakan harapannya untuk dapat berseragam timnas senior di masa mendatang. Dia menjadi pahlawan antarkan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024.

Penampilan gemilangnya di Piala AFF U-19 2024 dengan sumbangan empat gol dan tiga assist menjadi modal berharga bagi pemain naturalisasi keturunan Yogyakarta ini untuk meraih mimpinya.

"Seperti saya bilang sebelumnya, saya ingin berjalan selangkah demi selangkah. Saya sangat senang karena saya merasa saya ada di posisi yang tepat saat ini, dengan tim U-19 dan U-20," kata Raven pada jumpa pers setelah laga melawan Thailand, Senin.

Baca Juga: Jens Raven 'Melamar' ke Shin Tae-yong Masuk Skuad Timnas Indonesia Senior

"Saya pikir kami masih punya beberapa target yang ingin dicapai bersama tim U-20, jadi saya ingin fokus pada apa yang ada di sini. Namun, jika saya mendapat kesempatan untuk tampil di tim senior atau U-23, itu akan jadi kehormatan yang luar biasa," tambahnya.

Terkait potensi pemainnya akan dipanggil timnas senior setelah pergelaran Piala AFF U-19, Indra Sjafri mengatakan Jens Raven bisa terus kembangkan potensi di Timnas muda.

Jens Raven, sang pahlawan muda Timnas Indonesia U-19 (Antara)Jens Raven, sang pahlawan muda Timnas Indonesia U-19 (Antara)

"Saya lebih baik buah itu matang di pohonnya. Jadi dia berprogress," kata Indra Sjafri usai laga kalahkan Thailand di Stadion GBT, Senin malam.

Meski demikian, pada akhirnya pelatih asal Batang Kapas, Sumatera Barat itu akan sangat senang jika nantinya ada pemainnya di tim saat ini yang dipanggil memperkuat timnas senior.

"Yang jelas arahan ketua Umum PSSI sangat jelas. antara pelatih tim nasional, harus bekerja bareng, bekerja kompak," jelasnya.

Baca Juga: Jens Raven Kasih Jempol Suporter Timnas Indonesia Suntik Semangat Pemain Hingga Juara Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024 (@timnas.indonesia)Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024 (@timnas.indonesia)

"Tapi kalau misalnya ada yang istimewa, kan tim nasional itu kan cuma satu, senior. Saya, coach Nova, itu kan menyiapkan generasi. Mungkin nanti ada diantara mereka yang ingin dicoba di senior, ya bagus," lanjutnya.

Jens Raven mengungkapkan rasa cintanya yang mendalam kepada Tanah Air setelah membawa Merah Putih meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024.

Kemenangan gemilang ini semakin memperkuat ikatan emosional Raven dengan Indonesia, negara yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidupnya.

Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia dan tim pelatih serta ofisial tim berselebrasi usai mengalahkan Timnas Thailand dalam pertandingan final Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024). [ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/app/tom]Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia dan tim pelatih serta ofisial tim berselebrasi usai mengalahkan Timnas Thailand dalam pertandingan final Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024). [ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/app/tom]

Dengan penuh semangat, striker berusia 18 tahun ini menceritakan bagaimana ia merasakan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia sejak awal proses naturalisasi.

"Seberapa besar saya cinta Indonesia? Waktu kali pertama saya menjalani proses naturalisasi, ketika saya datang ke Indonesia, saya merasa sudah mendapatkan cinta dari semua orang," kata Raven.

Lahir di Dordrecht, Belanda, Raven memiliki keturunan Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Yogyakarta.

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024 (@timnas.indonesia)Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024 (@timnas.indonesia)

Darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya membuatnya merasa begitu dekat dengan budaya dan masyarakat Indonesia.

Keputusan untuk membela Timnas Indonesia adalah sebuah kebanggaan tersendiri baginya.

Raven telah membuktikan kualitasnya sebagai seorang striker muda berbakat.

Gol tunggalnya pada laga final melawan Thailand menjadi bukti nyata dari kerja keras dan semangat juang yang dimilikinya.

Keberhasilannya membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 2024 akan menjadi sejarah manis dalam perjalanan karier sepak bolanya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #tanggapan #mengejutkan #indra #sjafri #soal #jens #raven #ingin #masuk #skuad #timnas #indonesia #shin #yong

KOMENTAR