Siapa Reno Munz Pemain Timnas Jerman U-19 yang Lahir di Jakarta, Bisa Bela Indonesia Tanpa Naturalisasi?
Reno Munz. (Instagram/@renommuenz)
16:42
24 Juli 2024

Siapa Reno Munz Pemain Timnas Jerman U-19 yang Lahir di Jakarta, Bisa Bela Indonesia Tanpa Naturalisasi?

Siapa Reno Munz? Pemain Liga Jerman Kelahiran Jakarta

Mengenal lebih jauh sosok Reno Munz, pemain Liga Jerman yang diketahui punya ikatan dengan Indonesia karena lahir di Jakarta.

Nama Reno Munz sempat menjadi perbincangan publik Tanah Air karena asal-usulnya yang dekat dengan Indonesia karena lahir di Jakarta.

Meski lahir di ibu kota, diketahui ayah dan ibu Reno Munz ternyata merupakan warga negara Jerman dan tak memiliki darah Indonesia.

Baca Juga: Bak Langit dan Bumi Harga Pasaran Iqbal Gwijangge dan Kadek Arel, Padahal Kualitas Setara Pahlawan Timnas Indonesia U-19

Karenanya, banyak yang mengulik kemungkinan pemain berusia 18 tahun itu membela Timnas Indonesia di kemudian hari.

Sebagian netizen berpendapat bahwa Reno Munz bisa saja dinaturalisasi karena ia lahir di Jakarta, sama seperti Elkan Baggott yang lahir di Bangkok dan didekati Thailand.

Sebagian lainnya menilai sulit bagi PSSI menaturalisasi Reno Munz karena dirinya hanya ‘numpang’ lahir di Jakarta dan tak punya ikatan dengan Indonesia.

Jika mengacu pada statuta FIFA pasal 7 mengenai kewarganegaraan baru, Reno Munz sejatinya bisa saja dinaturalisasi karena dirinya lahir di Indonesia.

Terlepas dari perdebatan itu, menarik untuk mengupas sepak terjang Reno Munz. Seperti apa perjalanan kariernya di usia yang masih belia ini?

Baca Juga: Sosok Orang Tua Jens Raven, Sang Ayah bukan Orang Sembarangan

Penggawa Timnas Jerman

Reno Munz merupakan pemain berposisi tengah yang lahir pada 2 Oktober 2005 di Jakarta. Hanya saja, saat ini dirinya berkewarganegaraan Jerman.

Karier sepak bolanya pun bermula di negara asal orang tuanya itu. Ia mengawali karier di SC Fortuna Koln pada 2012 hingga 2022 lalu.

Usai menimba ilmu di klub tersebut selama satu dekade lamanya, Reno Munz kemudian bergabung salah satu klub top di Jerman, yakni Bayer Leverkusen.

Di klub tersebut, Reno Munz bermain untuk tim U-19 selama dua tahun lamanya dengan mengemas 38 penampilan dan torehan dua gol di berbagai kompetisi pemain muda.

Kiprahnya di kompetisi muda itu kemudian membawanya menembus Timnas Jerman U-19. Ia melakoni debutnya bagi Der Panzer muda pada 2023 lalu.

Hingga kini, Reno Munz telah tampil sebanyak tujuh kali bagi Timnas Jerman U-19, baik itu di laga persahabatan ataupun di laga resmi seperti Kualifikasi Euro U-19.

Per Juli 2024 ini, Reno Munz memutuskan untuk meninggalkan Leverkusen U-19 dan menapaki karier profesional dengan bergabung Greuther Furth.

Ia bergabung dengan status bebas transfer dan akan bermain untuk Greuther Furth yang berlaga di 2. Bundesliga atau kasta kedua Liga Jerman.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #reno #munz #pemain #timnas #jerman #yang #lahir #jakarta #bisa #bela #indonesia #tanpa #naturalisasi

KOMENTAR