Keputusannya Berbuah Manis, Jay Idzes Ungkap Alasan Pilih Venezia Meski Diminati Banyak Klub
Bek timnas Indonesia, Jay Idzes ceritakan alasannya bergabung dengan Venezia. (Instagram/@jayidzes)
08:06
24 Juli 2024

Keputusannya Berbuah Manis, Jay Idzes Ungkap Alasan Pilih Venezia Meski Diminati Banyak Klub

Bek timnas Indonesia, Jay Idzes membeberkan alasannya mengapa dirinya lebih memilih hengkang ke klub Italia, Venezia. Padahal ia diminati banyak tim sebelum meninggalkan Go Ahead Eagles.

Jay Idzes gabung ke Venezia pada Juli 2023 usai berstatus bebas transfer dari Go Ahead Eagles.

Sejatinya sebelum bergabung ke Venezia, bek berusia 24 tahun ini mengaku dilirik banyak klub. Sebab, ia bermain impresif bersama klub Belanda ini.

Pada akhirnya pemain kelahiran Mierlo, Belanda memilih Venezia. Ada alasan tersendiri mengapa dirinya gabung ke klub yang mentas di Serie B musim lalu.

Baca Juga: Media Vietnam Lemes Banget Golden Star Warriors Gagal di Piala AFF U-19 2024: Fans Kecewa, Banyak Kelemahan

Hal itu karena Jay Idzes mengalami perubahan posisi dari gelandang menjadi bek tengah. Menurut bek timnas Indonesia ini, Italia menjadi tempat yang cocok untuk mengasah kemampuannya sebagai pemain bertahan.

Memang Italia dikenal sebagai negara yang mempunyai bek-bek tangguh seperti Fabio Cannavaro. Maka dari itu, ia pindah ke Negeri Pizza.

"Saya bebas transfer sejak musim dingin dan seterusnya sejumlah klub sudah menghubungi agen saya Bilal Achenteh. Venezia juga termasuk di antara mereka (klub yang berminat)," ucap Jay Idzes dikutip dari Voetbalzone.

"Saya baru bermain satu musim penuh sebagai bek tengah dan merasa saya bisa dan harus berkembang. Lalu di negara mana Anda harus berada jika ingin belajar bertahan."

"Meskipun ada minat nyata dari klub hebat lainnya, saya meliihat sepak bola di Italia sebagai peluang besar untuk lebih mengembangkan diri saya sebagai pemain bertahan," bebernya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ngamuk! 2 Pemain Paling Gancor Bantai Timor Leste Tadi Malam di Piala AFF U-19 2024

Hengkang ke Venezia yang merupakan klub pertama Idzes di luar Belanda, membuatnya harus beradaptasi terutama soal bahasa. Ia pun bahkan harus menjalani kursus bahasa Italia demi proses adaptasinya.

"Di minggu-miunggu dan bulan pertama saya menerima kursus kilat bahasa Italia, itu juga merupakan bahasa utama selama [pelatihan," ujar Jay Idzes.

"Istilah dalam sepak bola cukup mudah, tapi di desa Mestre tempat saya tinggal tidak ada yang berbicara bahasa Inggris. Lamat lauh saya belajar lebih banyak bahasa Italia," terangnya.

Keputusan Jay Idzes pindah ke Venezia pun berbuah manis. Ia kini berhasil mengantarkan klubnya promosi ke Serie A Italia.

Jay Idzes juga menjadi bek yang kokoh, sehinga menjadi andalan baik di klub maupun timnas Indonesia.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #keputusannya #berbuah #manis #idzes #ungkap #alasan #pilih #venezia #meski #diminati #banyak #klub

KOMENTAR