Profil Cadiz Club de Futbol, Klub Liga Spanyol Disebut Tertarik Rekrut Ragnar Oratmangoen
Profil Cadiz (Instagram/cadizclubdefutbol)
19:24
18 Juli 2024

Profil Cadiz Club de Futbol, Klub Liga Spanyol Disebut Tertarik Rekrut Ragnar Oratmangoen

Berita baik datang dari Ragnar Oratmangoen, seorang pemain keturunan Indonesia-Belanda yang bergabung dengan klub Cadiz di Liga Spanyol. Sebelumnya, Oratmangoen bermain di FC Groningen di Belanda dan kini pindah ke Spanyol.

Kehadiran Oratmangoen ini tampaknya akan memperkuat posisi tawar klub dalam dunia sepak bola dan ia masuk dalam daftar pemain keturunan yang membela Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti apa profil Cadiz Club de Futbol? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Profil Singkat Cadiz CF

Baca Juga: Disebut Minat Gaet Ragnar Oratmangoen, Cadiz CF Klub dari Liga Mana?

Cadiz Club de Futbol yang berbasis di kota Cadiz, Andalusia, Spanyol, adalah klub profesional yang didirikan pada tahun 1910. Markas mereka berada di Estadio Ramon de Carranza dengan kapasitas 20.724 kursi.

Antara tahun 1929 dan 1977 silam, Cadiz sempat bermain di divisi kedua atau ketiga sepak bola Spanyol. Lalu pada tahun 1977, mereka berhasil promosi ke La Liga untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, dan sejak itu, Cadiz telah menghabiskan total 12 musim di tingkat tertinggi.

Kemudian pada 28 Desember 2019, Manuel Vizcaíno Fernández diangkat sebagai ketua Dewan Direksi untuk periode enam tahun ke depan, bersama dengan direktur Jorge Cobo dan Martín José García Marichal.

Pada 2 Maret 2020, Cadiz sempat mengumumkan bahwa seorang investor Amerika yang tidak disebutkan namanya telah menjadi salah satu pemegang saham klub. Meskipun hanya memiliki sebagian kecil saham, namun tujuan investor tersebut adalah untuk meningkatkan kehadirannya di klub dan membantu Cadiz promosi ke La Liga.

Presiden klub lantas merencanakan penggunaan sumber daya baru ini untuk memodernisasi infrastruktur dan fasilitas klub. Hingga pada 12 Juli 2020, Cadiz CF kembali dipromosikan ke Primera División setelah 14 tahun. Pada 20 September 2020, mereka berhasil memenangkan pertandingan La Liga pertama mereka dengan kemenangan tandang 2-0 atas Huesca.

Baca Juga: Luka Modric Belum Mau Pensiun! Bela Real Madrid Hingga 2025

- Nama resmi: Cadiz Club de Futbol

- Julukan: Los Piratas (The Pirates), El Submarino Amarillo (The Yellow Submarine)

- Berdiri: 30 November 1910

- Pemilik : Locos por el Balón SL

- Stadion: Nuevo Mirandilla

- Kapasitas: 21.094

- Pelatih/Manajer: Alvaro Cervera

Prestasi Cadiz

Cadiz berhasil menunjukkan peningkatan pada posisi mereka di klasemen musim 2022-2023 di kasta tertinggi Liga Spanyol (LaLiga). Pada musim 2021-2022 lalu, mereka finis di posisi ke-17, hanya satu tingkat di atas tim yang terdegradasi ke divisi kedua, dengan delapan kemenangan, 15 kali seri, dan 15 kekalahan, mengumpulkan 39 poin.

Kemudian pada musim 2022-2023, Cadiz finis di posisi ke-16 dengan 42 poin dari 10 kemenangan, 12 kali seri, dan 16 kekalahan. Mereka mengalami kekalahan pada lima laga perdana, kebobolan 14 gol tanpa mencetak gol. Namun pada pekan keenam, Cadiz meraih kemenangan pertama melawan Real Valladolid dengan skor 1-0.

Kemenangan kedua mereka raih pada pekan kesepuluh dengan mengalahkan Atletico Madrid 3-2. Meskipun demikian, Cadiz belum bisa merasa aman, karena jarak dengan tim yang terdegradasi hanya dua poin. Sepanjang musim, tiga pemain mereka, Theo Bongonda, Lucas Perez, dan Gonzalo Escalante, masing-masing mencetak empat gol.

Pelatih Cadiz, Sergio, perlu mencari cara supaya timnya tidak lagi terancam degradasi. Perbaikan mulai dilakukan dengan mendatangkan pemain baru seperti Gonzalo Escalante dari Lazio dan Sergi Guardiola dari Real Valladolid.

Skuad Cadiz CF

- José Antonio Caro (Kiper)

- David Gil (Kiper)

- Fali (Bek Tengah)

- Víctor Chust (Bek Tengah)

- Cristian Glauder (Bek Tengah)

- Luis Hernández (Bek Tengah)

- José Matos (Bek Kiri)

- Santiago Arzamendia (Bek Kiri)

- Iza Carcelén (Bek Kanan)

- Joseba Zaldua (Bek Kanan)

- Tomás Alarcón (Gelandang Bertahan)

- José Mari (Gelandang Bertahan)

- Rominigue Kouamé (Gelandang Tengah)

- Rubén Alcaraz (Gelandang Tengah)

- Álex Fernández (Gelandang Tengah)

- Gonzalo Escalante (Gelandang Tengah)

- Fede San Emeterio (Gelandang Tengah)

- Javi Ontiveros (Sayap Kiri)

- Brian Ocampo (Sayap Kiri)

- Iván Alejo (Sayap Kanan)

- Álvaro Jiménez (Sayap Kanan)

- Chris Ramos (Penyerang Tengah)

- Rubén Sobrino (Penyerang Tengah)

- Roger Martí (Penyerang Tengah)

- Francisco Mwepu (Penyerang Tengah)

Itulah beberapa informasi mengenai Cadiz Club de Futbol yang menarik untuk disimak. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #profil #cadiz #club #futbol #klub #liga #spanyol #disebut #tertarik #rekrut #ragnar #oratmangoen

KOMENTAR