Siapa Tommy Luciano? Namanya Indonesia Banget Bawa Willem II Promosi ke Eredivisie Belanda
Pemain keturunan Indonesia, Tommy Luciano St. Jago. (Instagram/@tommystjago)
23:48
16 Juli 2024

Siapa Tommy Luciano? Namanya Indonesia Banget Bawa Willem II Promosi ke Eredivisie Belanda

Ada pemain berdarah keturunan Indonesia yang mengantarkan klub Belanda, Willem II, promosi ke Eredivisie musim 2024/25. Pemain itu adalah Tommy Luciano St. Jago.

Namanya yang begitu kental dengan penyebutan Bahasa Indonesia itu membuat publik bertanya, dari mana asal sesungguhnya pemain tersebut.

Tommy menjadi bagian penting dari keberhasilan Willem II menjuarai Eerste Divisie atau Liga 2 Belanda musim lalu. Gelar juara itu sekaligus mengantarkan WIllem II promosi ke Eredivisie.

Bagi Tommy sendiri, keberhasilan langsung membawa Willem II juara Liga 2 Belanda dan promosi ke Liga 1 Belanda, menjadi prestasi tersendiri.

Baca Juga: Masato Sugiharto Akui Punya Darah Indonesia, Tulis Ini di Bio Instagram

Pasalnya, ia baru saja didatangkan pada September 2023 sehingga musim lalu merupakan musim perdananya bersama Willem II usai dilepas FC Utrecht.

Di musim 2023/24 lalu, Tommy Luciano Jago mencatatkan total 26 pertandingan di semua ajang dengan torehan tiga gol. Selain bisa beroperasi sebagai bek tengah, ia juga bisa bermain di sektor bek kanan.

Lantas, siapa sebetulnya Tommy Luciano?

Sosok dengan nama lengkap Tommy Luciano St. Jago ini lahir di Utrecht, Belanda, pada 3 Januari 2000. Ia punya darah keturunan Belanda-Curacao-Indonesia.

Tommy memulai kariernya sebagai pemain sepak bola dari akademi Ajax Amsterdam. Ia kemudian pindah ke akademi FC Utrecht pada Juli 2011.

Baca Juga: Siapa Tristan Schenkhuizen? Gelandang Keturunan Indonesia Dapat Kontrak Profesional dari Klub Eredivisie Belanda

Setelah sembilan tahun berada di tim junior, ia promosi ke tim utama FC Utrecht pada Juli 2020. Pada musim perdananya di tim utama, Tommy cukup mendapat kesempatan.

Sayang cedera lutut membuat Tommy Luciano St. Jago lebih banyak menepi di musim-musim berikutnya. Ia cuma mencatatkan tiga penampilan di Eredivisie selama dua musim dari 2021/22 hingga 2022/23.

Alhasil, ia memutuskan bergabung ke Willem II di musim 2023/24 dengan status bebas transfer. Keputusan yang tepat karena ia kembali mendapat menit bermain reguler dan bisa meraih gelar juara.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #tommy #luciano #namanya #indonesia #banget #bawa #willem #promosi #eredivisie #belanda

KOMENTAR