Angka-angka Keramat Spanyol Juara Euro 2024: Rekor Lamine Yamal dan Nico Williams
Para pemain Spanyol berselelebrasi sambil memegang trofi setelah memenangkan pertandingan sepak bola Final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024). [Tobias SCHWARZ / AFP]
09:12
15 Juli 2024

Angka-angka Keramat Spanyol Juara Euro 2024: Rekor Lamine Yamal dan Nico Williams

Spanyol juara Euro 2024. Melawan Inggris di final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Senin dini hari WIB, La Furia Roja meraih kemenangan 2-1.

Spanyol juara Euro 2024, berkat dua gol yang dicetak oleh Nico Williams dan Mikel Oyarzabal, sedangkan Inggris sempat menyamakan kedudukan melalui Cole Palmer.

Ini merupakan gelar Euro keempat bagi Spanyol setelah sebelumnya dapat mereka menangkan pada edisi 1964, 2008 dan 2012, sekaligus menjadi pemegang Euro terbanyak sepanjang sejarah, melewati Jerman yang memiliki tiga gelar.

Penyerang Spanyol Alvaro Morata (tengah) berselebrasi mengangkat trofi bersama para pemain Spanyol setelah memenangkan pertandingan sepak bola Final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024). [JAVIER SORIANO / AFP]Penyerang Spanyol Alvaro Morata (tengah) berselebrasi mengangkat trofi bersama para pemain Spanyol setelah memenangkan pertandingan sepak bola Final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024). [JAVIER SORIANO / AFP]

Sementara itu, hasil ini membuat Inggris harus merasakan kegagalan kedua di partai puncak Euro secara beruntun, setelah pada edisi sebelumnya dikalahkan Italia lewat drama tendangan adu penalti.

"Kami sudah bermain lebih baik dibanding mereka, tetapi itu tidak punya pengaruh dalam pertandingan final nanti," kata pelatih Spanyol Luis De la Fuente usai pertandingan.

Baca Juga: Tumbangkan Inggris, Spanyol Jadi Jawara Euro 2024

Pasca Spanyol juara Euro 2024, sejumlah rekor pun tercipta, apa saja itu? Berikut ulasannya yang dirangkum dari sejumlah sumber:

23- Sejak final Liga Champions 2022, klub dan tim nasional Spanyol telah bermain sebanyak 23 kali di laga final, mulai dari Liga Champions, Piala UEFA, Liga Europa, Piala Dunia dan Euro.

Hebatnya lagi melawan tim non Spanyol, mereka selalu meraih kemenangan di 23 laga final itu.

17- Alvaro Morata memainkan pertandingan Euro ke-17 dan menjadi pemain Spanyol dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Euro.

4- Asisst Lamine Yamal di gol Nico Williams dinihari tadi membuatnya jadi pemain dengan sumbangan asssit terbanyak di Euro sebanyak 4 assist.

Baca Juga: Hasil Final Euro 2024: Drama Menit Akhir, Spanyol Juara usai Hajar Inggris 2-1

Penyerang Spanyol Lamine Yamal mendapatkan trofi Pemain Muda Terbaik setelah memenangkan pertandingan sepak bola Final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024). [JAVIER SORIANO / AFP]Penyerang Spanyol Lamine Yamal mendapatkan trofi Pemain Muda Terbaik setelah memenangkan pertandingan sepak bola Final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024). [JAVIER SORIANO / AFP]

Ia mencetak namanya dengan jumlah assist terbanyak di Euro bersama Steven Zuber (Swiss), Aaron Ramsey (Wales), Eden Hazar (Belgia) dan Ljubinko Drulovic (Serbia).

22- Nico Williams yang mencetak gol pertama ke gawang Inggris menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah yang mencetak gol di final Euro.

Nico taklukkan Jordan Pickford di usia 22 tahun 2 hari. Pemain termuda di final Euro dicetak oleh Pietro Anastasi di Euro 1968 pada usia 20 tahun 64 hari.

1- Sedangkan Lamine Yamal menjadi pemain termuda (17 tahun 1 hari) yang mencetak assist di final Euro. Ia di atas Jude Bellingham dan Bernd Schuster.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #angka #angka #keramat #spanyol #juara #euro #2024 #rekor #lamine #yamal #nico #williams

KOMENTAR