Serie A Punya Aturan Pembatasan Pemain Non-Uni Eropa, Maarten Paes yang Sudah WNI Bisa Direkrut Empoli?
Kiper Indonesia, Maarten Paes ''menggila'' dengan membuat delapan penyelamatan untuk membantu FC Dallas menang 2-1 atas Tampa Bay Rowdies di Piala Amerika Serikat, Kamis (23/5/2024). Performa apik membawa Paes menyabet penghargaan man of the match di laga tersebut. [Dok. FC Dallas]
18:06
10 Juli 2024

Serie A Punya Aturan Pembatasan Pemain Non-Uni Eropa, Maarten Paes yang Sudah WNI Bisa Direkrut Empoli?

Calon kiper timnas Indonesia, Maarten Paes dikabarkan sedang diincar oleh klub Serie A Italia, FC Empoli.

Akan tetapi, kompetisi Serie A punya aturan soal pembatasan pemain non-Uni Eropa. Apakah hal itu bisa menghambat rekrutmen Maarten Paes.

Pasalnya kini kiper yang berkarier di FC Dallas sudah mengantongi paspor Indonesia. Hal itu membuat Paes merupakan pemain non-Uni Eropa.

Beruntung Presiden Lega Serie A, Lorenzo Casini, belum lama ini mengonfirmasi bahwa mulai musim 2024/2025, aturan non Uni Eropa mengalami perubahan.

Baca Juga: Eks PSSI Hembuskan Isu Maarten Paes Bisa Diambil Timnas Belanda Jika Ini Terjadi

Setiap tim memang masih dibatasi untuk meregistrasi hanya dua pemain baru dari non-Uni Eropa. Meski begitu, mulai musim depan dan seterusnya tim Serie A akan diizinkan mendaftarkan dua pemain non-Uni Eropa per musim tanpa harus mengganti yang sudah ada.

Artinya tim Serie A bisa mendaftarkan dua pemain non-Uni Eropa tanpa harus mendepak atau menjual pemain non-Uni Eropa yang sudah bergabung di tim sebelumnya.

"Perubahan peraturan baru tersebut mengatur bahwa setiap klub dapat mendaftarkan dua pemain non-Uni Eropa tanpa batasan penggantian (hingga kompetisi ini dimungkinkan untuk mendaftarkan dua pemain non-Uni Eropa, tetapi satu sebagai pengganti) dengan satu sudah ada di skuad. Sebuah titik balik yang penting juga untuk strategi bursa transfer klub Serie A," tulis jurnalis Italia, Gianluca Di Marzio.

Dengan aturan tersebut, maka Maarten Paes masih memungkinkan untuk direkrut Empoli. Apalagi tim berjuluk I Ciucciarelli sedang mencari kiper utama.

Maarten Paes dilirik berkat performanya yang impresif bersama FC Dallas. Popularitasnya juga melejit karena masuk dalam MLS All-Star 2024.

Baca Juga: 3 Kiper Keturunan Eropa yang Bisa Jadi Pengganti Maarten Paes, Satu Sudah WNI

Editor: Arif Budi

Tag:  #serie #punya #aturan #pembatasan #pemain #eropa #maarten #paes #yang #sudah #bisa #direkrut #empoli

KOMENTAR