Misi Balas Dendam ke Australia, Timnas Indonesia Buru Pemain Keturunan Baru
Skuad Timnas Indonesia U-16 di Ajang ASEAN U-16 Boys Championship 2024. (pssi.org)
14:42
10 Juli 2024

Misi Balas Dendam ke Australia, Timnas Indonesia Buru Pemain Keturunan Baru

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir meminta Timnas Indonesia U-16 menegakkan kepala dan fokus membalaskan dendam ke Australia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Pernyataan itu disambut wacana menambah pemain keturunan atau diaspora di skuad asuhan pelatih Nova Arianto.

Timnas Indonesia U-16 harus puas cuma merengkuh predikat tim terbaik ketiga Piala AFF U-16 2024 setelah langkah mereka dihentikan Australia di semifinal dengan skor 3-5 pada 1 Juli lalu.

Kegagalan mengalahkan Australia mampu direspons tim asuhan Nova Arianto dengan mengalahkan Vietnam 5-0 di laga perebutan tempat ketiga. Namun, kemenangan besar itu tak menutup fakta bahwa Timnas Indonesia U-16 gagal mempertahankan status juara.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto (ketiga dari kiri) dan staf pelatih skuad Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. [Dok. Instagram/@novarianto30]Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto (ketiga dari kiri) dan staf pelatih skuad Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. [Dok. Instagram/@novarianto30]

Terkini, Timnas Indonesia U-16 asuhan Nova Arianto segera mempersiapkan diri untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024.

Baca Juga: Tolak Timnas Indonesia, Gabriel Han Willhoft-King Bisa Bela 5 Negara Lain

Tim Merah Putih yang tergabung di Grup C akan kembali menghadapi Australia ditambah dua tim lain yakni tuan rumah Kuwait dan Mariana Utara.

Nova Arianto menegaskan Timnas Indonesia U-16 tak takut dengan lawan-lawan yang akan mereka hadapi di Grup C. Persiapan terus berlanjut, salah satunya kembali menyeleksi pemain termasuk wajah-wajah baru berstatus pemain keturunan atau diaspora.

"Untuk pemain kami akan melakukan seleksi kembali, baik pemain diaspora atau pemain hasil Asprov (Asosiasi Provinsi) PSSI dan [Liga] Top Skor," kata Nova Arianto kepada , Rabu (10/7/2024).

Piala AFF U-16 2024 bukan tujuan utama timnas Indonesia U-16, agenda lebih besar telah menunggu. (pssi.org)Piala AFF U-16 2024 bukan tujuan utama timnas Indonesia U-16, agenda lebih besar telah menunggu. (pssi.org)

Saat mengarungi Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia diperkuat oleh dua pemain diaspora yakni Mathew Baker dan Lucas Raphael Lee. Merujuk pernyataan Nova, jumlah itu masih bisa bertambah.

Di samping terus berburu pemain baik lokal maupun diaspora, Nova Arianto menekankan bahwa dirinya dan staf pelatih juga fokus untuk melakukan evaluasi dari hasil Piala AFF U-16 2024 lalu.

Baca Juga: Menghitung Peluang Elkan Baggot Bakal Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 Meski Masih Panas dengan Shin Tae-yong

"Pastinya banyak evaluasi terutama di lini pertahanan. Yang pastinya dapat catatan untuk pemain," tegas Nova Arianto.

Kualifikasi Grup C Piala Asia U-17 2025 akan berlangsung di Kuwait pada 23 hingga 27 Oktober tahun ini. Skuad Garuda akan lebih dulu melawan Kuwait sebelum berturut-turut ditantang Kepulauan Mariana Utara dan Australia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #misi #balas #dendam #australia #timnas #indonesia #buru #pemain #keturunan #baru

KOMENTAR