Maarten Paes 3 Tahun Lebih Tidak Dipanggil Belanda, Bisa Jadi Celah PSSI ke FIFA untuk Pindah Federasi
Kiper Indonesia, Maarten Paes ''menggila'' dengan membuat delapan penyelamatan untuk membantu FC Dallas menang 2-1 atas Tampa Bay Rowdies di Piala Amerika Serikat, Kamis (23/5/2024). Performa apik membawa Paes menyabet penghargaan man of the match di laga tersebut. [Dok. FC Dallas]
20:36
9 Juli 2024

Maarten Paes 3 Tahun Lebih Tidak Dipanggil Belanda, Bisa Jadi Celah PSSI ke FIFA untuk Pindah Federasi

Mantan Exco PSSI, Hasani Abdulgani kembali menjelaskan adanya satu celah bagi PSSI agar proses pindah federasi Maarten Paes tidak perlu dibawa ke sidang CAS.

Perpindahan federasi Maarten Paes sejauh ini masih belum selesai. Dikabarkan bahwa kiper FC Dallas ini terganjal aturan soal batasan umur.

Sebab Maarten Paes sempat membela Belanda U-21 ketika usianya sudah menginjak 22 tahun. Maka dari itu, PSSI berusaha membawanya ke CAS andai perpindahan federasi tidak disetujui FIFA.

Menariknya Hasani Abdulgani membongkar satu celah agar Maarten Paes segera membela timnas Indonesia. Aturan ini bahkan tercatat di FIFA.

Baca Juga: Iwan Sukoco 'Menghilang', Ini Daftar Lengkap 29 Wasit dan 46 Asisten di BRI Liga 1 2024/2025

Dari penuturan Hasani Abdulgani, FIFA mengatakan bahwa ada aturan pemain yang sudah tiga kali bermain untuk timnas senior tidak bisa pindah federasi.

Akan tetapi, aturan itu bisa gugur jika pemain bersangkutan sudah tiga tahun tidak dipanggil lagi oleh timnas.

"Pemain yang sudah bermain tiga kali itu tidak diperbolehkan, tapi kalau dia selama tiga tahun tidak pernah dipanggil lagi, itu gugur," ucap Hasani dikutip dari YouTube Hasani Corner.

"Coba lihat Maarten Paes terakhir sudah 3 tahun 7 bulan (tidak dipanggil Belanda). Artinya itu bisa jadi argumen (ke FIFA)," imbuhnya.

Bahkan selain itu ada juga celah yang bisa memanfaatkan PSSI. Hasani Abdulgani mencontohkan kasus yang dialami Albania dan Nedim Bejrami.

Baca Juga: Diwawancara FIFA, Jay Idzes Tebar Ancaman ke Tim di Grup neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Bakal...

Kasus Bejrami sama persis dengan Maarten Paes. Pemain Albania itu bermain untuk Swiss di kelompok umur.

Awalnya FIFA menolak pengajuan untuk berganti negara, meski sempat mengajukan banding, keputusan itu tidak berubah. Penyebabnya Nedim Bajrami sudah tampil untuk Swiss U-21 setelah usianya melewati 21 tahun.

Akan tetapi, ketika Albania membawa ke CAS, Bejrami disetujui untuk bisa pindah federasi dan akhirnya membela Albania di Euro 2024.

Editor: Arif Budi

Tag:  #maarten #paes #tahun #lebih #tidak #dipanggil #belanda #bisa #jadi #celah #pssi #fifa #untuk #pindah #federasi

KOMENTAR