Wout Weghorst Senjata Rahasia Belanda untuk Juara Euro 2024, Mimpi Buruk bagi Tim-tim Lawan
Striker Timnas Belanda, Wout Weghorst tampil di Euro 2024. [JAVIER SORIANO / AFP]
18:54
8 Juli 2024

Wout Weghorst Senjata Rahasia Belanda untuk Juara Euro 2024, Mimpi Buruk bagi Tim-tim Lawan

Bek Timnas Belanda, Nathan Ake menyebut striker timnya, Wout Weghorst adalah mimpi buruk bagi tim-tim lawan di Euro 2024. Weghorst diyakini bisa jadi senjata rahasia Belanda untuk mewujudkan ambisi besar juara di Piala Eropa tahun ini.

Meski bukan pilihan utama di starting eleven Timnas Belanda, Wout Weghorst kerap memberikan impak saat turun dari bangku cadangan di Euro 2024 ini.

Teranyar, Belanda mampu menembus semifinal Euro 2024, sedikit banyak karena pengaruh penyerang jangkung berusia 31 tahun tersebut.

Weghorst masuk sebagai pemain pengganti dan memberikan dampak besar pada permainan De Oranje --julukan Timnas Belanda-- saat membalikkan keadaan melawan Turki pada laga perempat final di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman.

Baca Juga: 'Dongeng' di Euro 2024 Berakhir, Swiss Ogah Kambing Hitamkan Manuel Akanji

Pada laga perempat final Euro 2024 akhir pekan lalu tersebut, pelatih Belanda, Ronald Koeman mengeluarkan senjata rahasianya, Weghorst pada awal babak kedua saat tertinggal satu gol dari Turki melalui sundulan Samet Akaydin (35').

Koeman membatasi menit bermain Weghorst di empat pertandingan pertama Belanda di Euro 2024, tetapi pada malam itu ia memberinya 45 menit penuh untuk striker 1,97 meter tersebut setelah half-time.

Masuknya Weghorst menarik perhatian bek Turki yang sebelumnya bermain sangat rapat dan disiplin sehingga membuat Memphis Depay dapat bergerak bebas.

Penyelamatan kiper Turki, Mert Gunok yang menepis sepakan Weghorst menghasilkan tendangan sudut yang kemudian membuat Belanda menyamakan kedudukan melalui sundulan Stefan de Vrij (70').

Ketika bek Turki berusaha keras untuk mematikan Weghorst, Belanda justru kembali mencetak gol enam menit kemudian melalui gol bunuh diri Mert Muldur yang mendapatkan tekanan dari Cody Gakpo yang diawali umpan silang Denzel Dumfries.

Baca Juga: Tembus Semifinal Euro 2024 via Adu Penalti, Timnas Inggris Cetak Sejarah

“Karena Weghorst, Anda menciptakan lebih banyak kekacauan di kotak penalti dan mereka harus lebih banyak bertahan, jadi menurut saya Wout sangat banyak membantu. Dia pemain penting untuk Belanda, tak diragukan lagi,” kata Nathan Ake, dikutip dari AFP, Senin (8/7/2024).

Penyerang Belanda, Wout Weghorst setelah sukses menjebol gawang Polandia (uefa.com)Penyerang Timnas Belanda, Wout Weghorst tampil di Euro 2024. (uefa.com)

"Dia adalah mimpi buruk untuk dilawan. Wout kuat, menjadi pengganggu di dalam kotak penalti, dan dia berjuang untuk segalanya. Dia menguasai segalanya. Jadi bagi kami, dia adalah aset yang hebat," tambah bek Manchester City tersebut.

Sementara itu, Koeman mengatakan alasan dirinya memasukkan eks striker Manchester United itu adalah agar timnya mendapatkan banyak umpan silang untuk membongkar pertahanan Turki.

“Maka jelas bagi saya untuk melakukan pergantian pemain ini dengan Wout, dengan Cody Gakpo di sayap (kiri) dan Denzel Dumfries di kanan, kami harus mendapatkan lebih banyak umpan silang dibandingkan di babak pertama," jelas Koeman.

Di semifinal Euro 2024 nanti, Timnas Belanda akan berusaha kembali mengukir sejarah tahun 1988 ketika mereka menjadi kampiun Euro alias Piala Eropa, saat mereka jumpa Inggris pada pertandingan yang digelar di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #wout #weghorst #senjata #rahasia #belanda #untuk #juara #euro #2024 #mimpi #buruk #bagi #lawan

KOMENTAR