Ketimbang Indra Sjafri, Shin Tae-yong 'Restui' Nova Arianto Latih Timnas Indonesia di Piala AFF 2024?
Shin Tae-yong dan Nova Arianto bekerja sama di timnas Indonesia. (Instagram/@novaarianto30)
23:00
7 Juli 2024

Ketimbang Indra Sjafri, Shin Tae-yong 'Restui' Nova Arianto Latih Timnas Indonesia di Piala AFF 2024?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bereaksi perihal isu penunjukkan Nova Arianto memimpin skuad Garuda di ASEAN Championship 2024 atau Piala AFF 2024.

Ramai di media sosial menyuarakan agar Nova Arianto memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Shin Tae-yong pun memberi respons.

Piala AFF 2024 atau yang kini bernama ASEAN Champhionship digelar mulai 23 November hingga 21 Desember 2024 dengan format kandang-tandang.

Turnamen ini dibagi menjadi dua grup, Grup A dan Grup B yang masing-masing berisi lima kontestan yang akan saling menghabisi.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Panggung Pembuktian Ketajaman Jens Raven, Bisa Goda STY?

Grup A berisi Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja dan pemenang play-off, sementara Grup B berisi Vietnam, Indonesia, Filipina, Myanmar dan Laos.

Sementara itu, akun Instagram @garudarevolution.football, menggiring isu mengenai alasan Shin Tae-yong harus mendelegasikan tugas di Piala AFF 2024 kepada Nova Arianto.

Alasan kuatnya, karena Timnas Indonesia memiliki jadwal padat mengingat lolosnya ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mau tak mau, timnas harus dibagi, Kualifikasi Piala Dunia 2026 tentu jadi fokus utama, sementara Piala AFF hanya untuk menyeleksi pemain.

Tak relevan rasanya jika masih saja menginginkan juara Piala AFF yang bahkan tak memberi jaminan masuk putaran final Piala Dunia.

Baca Juga: Filipina Pengin Tiru Cara Indonesia Membangun Timnas dengan Naturalisasi

"Delegasikan Coach Nova untuk AFF senior adalah baik untuk menambah jam terbang Coach Nova," tulis akun Instagram @garudarevolution.football.

"Kita punya mimpi kan suatu saat Timnas dilatih Pelatih Lokal dan sukses besar? Ini lah awal dari mimpi itu. Memberikan kepercayaan lebih kepada Pelatih yang dirasa mampu," lanjut akun itu.

"Semoga Coach STY juga setuju, dan kalo diliat dari Game Play-nya mirip banget seharusnya gak ada masalah dengan hal ini. Agar Coach STY bisa fokus di Timnas A karna memang Jadwal King Indo sedang padat banget bosku," imbuhnya menutup.

Lantas bagaimana respons Shin Tae-yong mengenai hal ini? pelatih asal Korea Selatan itu ternyata suka dengan pendapat akun Instagram Garuda Revolution.

Hal itu terlihat dari Shin Tae-yong yang menyukai unggahan Garuda Revolution perihal Nova Arianto memimpin Timnas Indoneia di Piala AFF 2024.

Diliriknya Nova Arianto untuk menukangi timnas senior bukan tanpa alasan, kualitasnya memimpin Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 jadi penyebabnya.

Meski gagal meraih juara, gaya permainan Timnas Indonesia U-16 di bawah asuhan Nova Arianto terlihat sangat menjanjikan.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #ketimbang #indra #sjafri #shin #yong #restui #nova #arianto #latih #timnas #indonesia #piala #2024

KOMENTAR