2 Rekor yang Gagal Ditorehkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024, Turnamen Terburuk Sepanjang Karier CR7
Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tampil di Euro 2024. [JAVIER SORIANO / AFP]
21:00
7 Juli 2024

2 Rekor yang Gagal Ditorehkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024, Turnamen Terburuk Sepanjang Karier CR7

Euro 2024 resmi jadi turnamen Piala Eropa terakhir bagi Cristiano Ronaldo dan penampilan terburuk dalam turnamen yang pernah diikuti sang penyerang sepanjang kariernya.

Euro 2024 di Jerman jadi turnamen terburuk Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal bila dilihat dari sudut pandang gol yang ia cetak.

Ronaldo sudah jadi bagian dari Timnas Portugal sejak Euro 2024 ketika ia berusia 19 tahun. Sejak saat itu, penyerang yang kini sudah berusia 39 tahun tersebut total sudah membela Portugal pada enam Euro dan lima Piala Dunia.

Dari total 11 turnamen besar tersebut, baru di Euro 2024 Ronaldo tidak bisa mencetak satu gol pun. Di 10 turnamen besar sebelumnya, CR7 selalu bisa mencetak gol ke gawang lawan, terlebih di fase grup.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Prancis Singkirkan Portugal Lewat Adu Penalti, Tantang Spanyol di Semifinal

Ronaldo juga punya sejumlah peluang untuk mencetak gol. Namun sayangnya, peluang demi peluang tersebut menguap begitu saja. Bahkan, kapten Portugal itu tak mampu mencetak gol melalui eksekusi penalti saat Portugal menghadapi Slovenia di extra-time babak 16 besar lalu.

Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tampil di Euro 2024. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tampil di Euro 2024. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Setelah Portugal dikandaskan Prancis di perempat final Euro 2024 via adu penalti, Ronaldo pun gagal menorehkan dua rekor bergengsi.

Pertama, Ronaldo gagal mengukir namanya sebagai pencetak gol dalam enam edisi berbeda Euro alias Piala Eropa.

Dan yang kedua, Ronaldo gagal melewati capaian Luka Modric sebagai pemain tertua yang mencetak gol di ajang Euro alias Piala Eropa.

Setelah mencetak gol di turnamen Euro 2024 kali ini, Modric sah jadi pemain tertua yang sukses bikin gol di Euro, dalam usia 38 tahun dan 289 hari.

Ronaldo saat ini sudah berusia 39 tahun dan makin mendekati pengujung kariernya. CR7 sudah memastikan jika Euro 2024 ini merupakan turnamen Piala Eropa terakhirnya.

Namun, Ronaldo belum mengumumkan pensiun dari Timnas Portugal sehingga belum diketahui pasti kemungkinan dia bakal ikut tampil di Piala Dunia 2026 atau tidak.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #rekor #yang #gagal #ditorehkan #cristiano #ronaldo #euro #2024 #turnamen #terburuk #sepanjang #karier

KOMENTAR