Remehkan Timnas Indonesia, Jepang Sudah Fokus Piala Dunia 2026 Meski Belum Lolos
Gelandang Jepang Wataru Endo bersaing untuk mendapatkan sundulan pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). [Giuseppe CACACE / AFP]
22:48
6 Juli 2024

Remehkan Timnas Indonesia, Jepang Sudah Fokus Piala Dunia 2026 Meski Belum Lolos

Gelandang timnas Jepang, Wataru Endo menegaskan timnya fokus untuk mendapatkan hasil terbaik di Piala Dunia 2026. Padahal, Samurai Biru sejatinya belum dipastikan lolos ke ajang tersebut.

Endo menegaskan bahwa Jepang sejak lama memiliki cita-cita untuk menjuarai Piala Dunia. Hal itu yang dinilainya penting jadi target untuk menghapus keraguan pengkritik.

Sebagai informasi, Jepang belakangan tidak tampil mentereng. Di Piala Asia 2023, tim yang difavoritkan jadi juara ini harus terhenti di babak perempat final.

Wataru Endo dan kawan-kawan disingkirkan Irak dengan skor 2-1 dalam laga babak perdelapan besar tersebut.

Baca Juga: Tak Dilirik STY, Ini Statistik Cyrus Margono yang Bisa Jadi Alternatif Pengganti Maarten Paes di Timnas Indonesia

"Benar sekali. Setelah itu, saya lebih berpikir bahwa tidak ada pilihan lain selain mendapatkan hasil di Piala Dunia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kekalahan di Piala Asia, termasuk peningkatan level tim Asia," terang Endo dilansir dari Gekisaka, Sabtu (6/7/2024).

Gelandang andalan Timnas Jepang, Wataru Endo (tengah). [PAUL MILLER / AFP]Gelandang andalan Timnas Jepang, Wataru Endo (tengah). [PAUL MILLER / AFP]

"Mungkin juga ada yang mengatakan 'apakah bisa lolos di babak kualifikasi?' tapi untuk membungkam mereka, satu-satunya jawaban adalah hasil. Tim ini masih bertujuan untuk menjadi juara dunia, dan saya rasa itu adalah satu-satunya fokus sekarang," jelasnya.

Meski mengisyaratkan fokus Jepang adalah hasil terbaik di putaran final Piala Dunia 2026, Endo tak menampik timnya harus lebih dulu bekerja keras di putaran ketiga kualifikasi zona Asia.

Jepang diketahui tergabung di Grup C bersama Australia, Arab Saudi, Bahrain, China dan Timnas Indonesia. Mereka bertekad meraih hasil terbaik demi mengenyahkan keraguan terhadap performa mereka belakangan.

"Memang benar bahwa kualifikasi Piala Dunia Asia tidak akan mudah, tetapi satu-satunya hal yang penting adalah mendapatkan hasil di Piala Dunia," ucap pemain Liverpool itu.

Baca Juga: Selamat Tinggal Disket! Jepang Akhirnya 'Move On' dari Perangkat Jadul

"Jadi, saya pikir langkah selanjutnya adalah menuju kualifikasi dengan fokus untuk mencapai hasil di Piala Dunia," pungkas Endo.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #remehkan #timnas #indonesia #jepang #sudah #fokus #piala #dunia #2026 #meski #belum #lolos

KOMENTAR