Piala AFF U-16 Tuntas, Timnas Indonesia akan Berburu Pemain Diaspora untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025
Nova Arianto (Tengah) Saat Memimpin Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-16 di Yogyakarta. (instagram.com/novaarianto30)
12:42
4 Juli 2024

Piala AFF U-16 Tuntas, Timnas Indonesia akan Berburu Pemain Diaspora untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Perjuangan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 sudah selesai di mana tim asuhan Nova Arianto menduduki peringkat tiga. Setelah ini, Nova akan mencari pemain diaspora agar bisa bersaing di ajang berikutnya yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 19-27 Oktober 2024. Timnas Indonesia berada di Grup G bersama tuan rumah Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Kuwait dan Australia akan menjadi lawan berat bagi tim Merah Putih. Butuh persiapan yang bagus dan pemain berkualitas di dalam tim agar bisa bersaing.

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-16 (pssi.org)Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-16 (pssi.org)

Oleh karena itu Nova berencana mencari pemain diaspora. Garuda Asia sejauh ini sudah mempunyai dua pemain diaspora yaitu Matthew Baker dan Lucas Raphael Lee.

Baca Juga: Nova Arianto Minta Pemain Timnas Indonesia U-16 Jangan Puas Karena Raih Peringkat 3 Piala AFF U-16 2024

"Pasti kami akan mengecek lagi pemain-pemain diaspora yang memiliki paspor Indonesia," ujar Nova Arianto kepada awak media.

"Saya masih menunggu masukan dari beberapa pihak yang biasa berhubungan dengan pemain-pemain diaspora. Jadi, kami melihat siapapun nanti pemain diaspora, akan dilihat semuanya," ungkap Nova.

Lebih lanjut, Nova tidak mau sembarangan comot pemain diaspora. Syarat utama yang dimintanya adalah punya paspor Indonesia dan kemampuan yang baik.

"Yang pasti, pemain diaspora itu harus mempunyai paspor Indonesia dan semuanya pasti akan kami pantau lebih dulu," ucapnya.

"Jadi, tidak bisa pemain diaspora langsung masuk, tidak. Saya akan melihat dulu apakah layak untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 atau tidak," pungkasnya.

Baca Juga: Cakap di 2 Posisi, Anak Emas Shin Tae-yong Bisa Kena Gusur Jika Miliano Jonathans Perkuat Timnas Indonesia

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #piala #tuntas #timnas #indonesia #akan #berburu #pemain #diaspora #untuk #kualifikasi #piala #asia #2025

KOMENTAR