Pengamat Tak Setuju Timnas Indonesia Dibilang Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia, Ini Alasannya
Timnas Indonesia. (X/@Indostransfer)
07:12
28 Juni 2024

Pengamat Tak Setuju Timnas Indonesia Dibilang Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia, Ini Alasannya

Pengamat sepak bola Indonesia, Mohamad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia harus disiapkan sebaik mungkin untuk menghadapi lawan-lawan yang berat pada Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kusnaeni, yang akrab disapa Bung Kus, tak sependapat dengan anggapan Timnas Indonesia tergabung di grup neraka pada putaran ketiga ini.

"Grup neraka? Semua grup sama beratnya di babak ketiga kualifikasi ini. Tidak ada grup yang lebih mudah. Untuk itu, Timnas Indonesia fokus saja mempersiapkan tim sebaik mungkin," ujar Bung Kus seperti dikutip Antara, Jumat (28/6/2024).

Dari hasil drawing yang digelar di Malaysia, Kamis (27/6/2024), Timnas Indonesia tergabung di Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama tim-tim raksasa seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, hingga China.

Baca Juga: Kisah Tragis Timnas Indonesia Pernah Dibantai Bahrain 10-0, Kekalahan Terbesar Garuda Sepanjang Sejarah

Kusnaeni mengatakan, hasil undian grup tidak bisa dikatakan merugikan bagi Timnas Indonesia. Pada dasarnya, di grup manapun Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang sama beratnya.

Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY) sudah pernah menghadapi Australia di Piala Asia pada awal tahun ini, dan skuad Garuda dibantai 0-4.

Demikian pula Jepang bukanlah lawan yang mudah dikalahkan, apalagi negara Asia Timur itu adalah tim dengan peringkat FIFA terbaik di Asia.

Untuk itu, kata Bung Kus, skuad Garuda harus dipersiapkan sebaik mungkin saja melalui latihan, agenda uji coba yang bagus, serta penambahan pemain baru berkualitas.

Jurnalis senior dan komentator sepakbola, M Kusnaeni. [Instagram @mohamadkusnaeni]Jurnalis senior dan komentator sepakbola, M Kusnaeni. [Instagram @mohamadkusnaeni]

"Sinkronkan juga agenda liga dengan persiapan timnas sehingga pemusatan latihan jadi efektif," ujarnya.

Baca Juga: Sudah Tahu Sama Tahu, Jepang Anti Remehkan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ia menambahkan, apabila pelatih STY tidak bisa membawa tim menembus dua posisi teratas di Grup C, maka ia berharap publik Indonesia tidak berkecil hati.

"Kita berharap masih ada kesempatan di putaran keempat," pungkasnya.

Laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti sebanyak 18 timnas yang masuk dalam tiga grup, masing-masing berisi enam negara.

Tim yang meraih peringkat satu dan dua di grup akan mengantongi tiket untuk berkompetisi pada Piala Dunia 2026.

Sementara, peringkat tiga dan empat akan terbagi lagi dalam dua grup yang memperebutkan peringkat pertama agar tampil dalam kompetisi sepak bola tertinggi dunia.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pengamat #setuju #timnas #indonesia #dibilang #masuk #grup #neraka #kualifikasi #piala #dunia #alasannya

KOMENTAR