Pemain Favorit Absen, Pelatih Dewa United Tetap Jagokan 'Timnas Pusat' Juara Euro 2024
Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink. (ANTARA/RAUF ADIPATI)
05:30
26 Juni 2024

Pemain Favorit Absen, Pelatih Dewa United Tetap Jagokan 'Timnas Pusat' Juara Euro 2024

Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink menjagokan Timnas Belanda juara Euro 2024 meski pemain favoritnya absen pada Piala Eropa kali ini. Jan Olde memprediksi peluang negaranya itu jadi kampiun cukup besar.

Timnas Belanda sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2024 dari Grup D jelang matchday ketiga melawan Austria yang akan dihelat Selasa (25/6/2024) malam ini pukul 23:00 WIB.

Melihat hasil dari grup lain, De Oranje --julukan Timnas Belanda-- sudah memastikan lolos ke fase gugur, entah itu sebagai juara, runner-up Grup D, atau sebagai salah satu peringkat tiga terbaik fase grup.

Jan Olde Riekerink mengakui Frenkie de Jong adalah pemain favoritnya di Timnas Belanda. Akan tetapi, gelandang Barcelona itu memang urung mentas di Euro 2024 karena cedera.

Baca Juga: Inggris vs Slovenia di Euro 2024: Skenario Lolos 16 Besar dan 10 Fakta Menarik Three Lions vs The Dragons

Absennya De Jong pun tidak mengurangi optimisme Jan Olde terhadap 'Timnas Pusat' --julukan netizen Tanah Air untuk Timnas Belanda karena banyaknya pelaku sepak bola berdarah Negeri Kincir Angin yang menghiasi persepakbolaan Indonesia saat ini.

Menurut pelatih kelahiran Hengelo, Belanda itu, De Oranje masih punya sosok pemain kelas dunia dalam diri bek sekaligus kapten tim, Virgil van Dijk.

Bek Belanda #04 Virgil van Dijk merayakan setelah mencetak gol pertama timnya melalui penalti pada pertandingan sepak bola grup B kualifikasi Euro 2024 antara Yunani dan Belanda di OPAP Arena di Athena, pada 16 Oktober 2023.Angelos TZORTZINIS / AFPBek Timnas Belanda, Virgil van Dijk. [Angelos TZORTZINIS / AFP]

"Frenkie de Jong adalah pemain favorit saya. Dia gelandang yang hebat, bisa mengerti dengan baik jalannya pertandingan. Sayangnya dia harus meninggalkan pemusatan latihan karena cedera, jadi tidak bisa bergabung untuk Euro ini," kata Jan Olde di akun Youtube Dewa United, Selasa (25/6/2024).

"Biasanya Belanda terkenal dengan permainan menyerang, tetapi kini kami juga memiliki pemain bertahan kelas dunia. Jadi, menarik untuk dilihat bagaimana tim akan bermain dengan empat atau lima pemain bertahan," sambung pria berusia 61 tahun yang pernah jadi pelatih tim muda Ajax itu.

"Ada Virgil van Dijk dari Liverpool yang merupakan pemain luar biasa, kelas dunia! Menarik untuk melihat bagaimana mereka berorganisasi di dalam lapangan," tukasnya.

Baca Juga: Partai Hidup Mati Belanda vs Austria di Euro 2024, Ralf Rangnick Lempar Perang Urat Saraf

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pemain #favorit #absen #pelatih #dewa #united #tetap #jagokan #timnas #pusat #juara #euro #2024

KOMENTAR