Sebut Timnas Indonesia Kini Sangat Kuat, Pelatih Malaysia Akui Garuda Favorit Juara Piala AFF 2024
Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye (bawah) melakukan selebrasi usai mencetak gol di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Bay Ismoyo / AFP]
18:18
18 Juni 2024

Sebut Timnas Indonesia Kini Sangat Kuat, Pelatih Malaysia Akui Garuda Favorit Juara Piala AFF 2024

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, mengakui kekuatan Timnas Indonesia yang terus meningkat pesat bersama pelatih Shin Tae-yong dalam beberapa waktu terakhir ini. Kim memprediksi skuad Garuda bakal jadi tim terkuat di Asia Tenggara dalam waktu dekat.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong memang cukup moncer belakangan ini. Di Piala Asia 2023 yang dihelat awal tahun ini di Qatar, Timnas Indonesia senior sukses mengukir sejarah dengan pertama kalinya lolos ke 16 besar.

Skuad Garuda pun baru-baru ini jadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang berhasil menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan melanjutkan kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia muali September 2024 nanti di putaran ketiga.

Baca Juga: Kevin Diks dan Ole Romeny Disebut Segera Dinaturalisasi, Exco PSSI Kasih Jawaban

Di tengah-tengah kualifikasi tersebut, akan ada agenda pesta sepak bola negara-negara Asia Tenggara pada November - Desember 2024 nanti.

Itu adalah Piala AFF, yang kini resmi berganti nama jadi ASEAN Cup. ASEAN Cup 2024 untuk level senior akan start mulai 23 November nanti.

Timnas Indonesia sendiri diprediksi tak akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya di ajang tersebut, terlebih ASEAN Cup memang juga tak masuk dalam agenda resmi FIFA.

Shin Tae-yong diyakini akan lebih memprioritaskan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski demikian, pelatih Malaysia, Kim Pan-gon merasa tim rivalnya itu akan tetap jadi unggulan di ASEAN Cup nanti 

Baca Juga: 2 Rekor Mentereng STY Bawa Timnas Indonesia Berjaya di Kualifikasi Piala Dunia, Memang Pelatih Top

"Menurut saya, skuad Timnas Indonesia sangat kompetitif dan merata. Mereka kuat dan bisa jadi tim terdepan di Asia Tenggara," kata Kim seperti dilansir ASEAN Football, Selasa (18/6/2024).

Pelatih Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon meneriakkan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan Grup E Piala Asia 2023 antara Korea Selatan vs Malaysia di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 25 Januari. 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. [HECTOR RETAMAL / AFP]

"Mereka lolos ke round 3 (Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia) dan tentunya layak diunggulkan jadi favorit di ASEAN Cup nanti," imbuh pelatih asal Korea Selatan, kompatriot Shin Tae-yong tersebut.

"Indonesia telah berjuang keras dan berprogres, namun bagi Malaysia, kami harus siap dengan segala tantangan," tuturnya.

Lebih lanjut, Kim menyampaikan kesuksesan Timnas Indonesia ini karena tak luput dari hadirnya pemain-pemain keturunan.

"Kebijakan di Timnas Indonesia itu untuk diadopsi di Malaysia? Saya rasa kami sudah banyak membicarakan hal ini (masalah pemain keturunan). Namun, terkadang kita perlu melihat situasi di Malaysia. Saya dapat melihat situasi ini sulit, sangat sulit," ucap Kim.

"Semua orang mengatakan untuk mencoba cara seperti pelatih Indonesia pergi ke Eropa dan mencari pemain-pemain keturunan. Mungkin bisa dilakukan, tapi saya tidak tahu," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #sebut #timnas #indonesia #kini #sangat #kuat #pelatih #malaysia #akui #garuda #favorit #juara #piala #2024

KOMENTAR