Shin Tae-yong Berambisi Bawa Timnas Indonesia Lawan Korea di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mudah Dikalahkan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
10:18
17 Juni 2024

Shin Tae-yong Berambisi Bawa Timnas Indonesia Lawan Korea di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mudah Dikalahkan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin sekali Timnas Indonesia melawan raksasa Asia di babak 3 kualifikasi Piala Dunia 2026, Korea Selatan. Menurut dia, lawan mereka merupakan suatu cobaan menguntungkan untuk skuad garuda.

Dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Naver, Shin Tae-yong ingin melawan timnas negara lain yang berkemampuan di atas Timnas Indonesia.

"Kami bekerja keras dengan pola pikir untuk naik satu level pada satu waktu, jadi ketika kami melakukan itu, kami merasakan banyak kebahagiaan ketika kami mengalahkan tim yang lebih kuat dari kami dan tumbuh selangkah demi selangkah," kata Shin Tae-yong.

Dalam tulisannya, Naver menyebutkan peringkat FIFA Timnas Indonesia berada di peringkat 134 adalah satu pencapaian luar biasa.

Baca Juga: Masalah Timnas Indonesia juga Dialami oleh 'Timnas Pusat' di Euro 2024

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Media itu juga mengatakan meski dianggap lemah di antara tim-tim yang melaju ke babak ketiga kualifikasi, Pelatih Shin menunjukkan kepercayaan dirinya dengan mengatakan bahwa peringkat hanyalah angka.

"Saat saya bertemu Korea, menurut saya itu mudah karena saya sebenarnya paling mengenal tim Korea. Saya sangat mengenal pemain Korea kami, dan semua murid saya melakukan yang terbaik," kata dia.

Lebih Jauh, Shin Tae-yong ingini bertemu Korea Selatan di Piala Dunia 2026.

"Keinginan saya adalah kita pergi bersama. Sebenarnya, ada baiknya kita berpartisipasi di Piala Dunia ini, tapi tidak semudah yang saya kira, jadi Saya hanya akan memikirkannya dan berusaha keras," kata dia.

Timnas Indonesia berhasil mengukir sejarah dengan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi gerbang untuk melaju sejauh mungkin di turnamen bergengsi ini.

Baca Juga: Masih Ada Polemik Pemain Naturalisasi, Ini Kata Mantan Bintang Liga Spanyol

Namun, perjalanan Timnas Garuda tidak akan mudah. Di babak ketiga, mereka akan bertemu tim-tim kuat dari Pot 1-5, seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, dan Qatar.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, harus menyiapkan strategi matang untuk menghadapi lawan-lawan berat ini.

Lima tim dari Pot 1-5 siap menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia.

Irak, yang pernah bertemu Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026, juga berpotensi menjadi lawan di babak ketiga.

Format Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia cukup rumit. Enam tim di setiap grup akan memperebutkan dua tiket lolos ke Piala Dunia 2026.

Finis di posisi lima atau enam di babak ketiga akan menggugurkan Timnas Indonesia.

Namun, masih ada peluang lolos melalui babak keempat dan kelima.

Babak keempat akan mempertemukan dua tim peringkat ketiga dari babak ketiga.

Pemenang akan melaju ke babak kelima, bersama dua tim dari CAF, CONMEBOL, OFC, dan dua tim dari CONCACAF.

Dua tim dari enam tim di babak kelima akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026, sedangkan empat tim lainnya harus bertanding di semifinal.

Hanya satu tim yang berhak lolos ke Piala Dunia 2026 dari babak kelima.

Di fase manakah Timnas Indonesia bisa memastikan tiket ke Piala Dunia 2026?

Jalan Timnas Indonesia menuju Piala Dunia 2026 masih panjang dan penuh rintangan.

Dukungan penuh dari seluruh masyarakat Indonesia sangatlah dibutuhkan untuk mengantarkan Timnas Garuda meraih mimpi besar ini.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #shin #yong #berambisi #bawa #timnas #indonesia #lawan #korea #babak #kualifikasi #piala #dunia #2026 #mudah #dikalahkan

KOMENTAR