Jadwal Round 3-5 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Potensi Perjalanan Panjang Timnas Indonesia
Starting XI Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Filipina yang digelar Selasa (11/6/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. [Bay Ismoyo / AFP]
18:48
12 Juni 2024

Jadwal Round 3-5 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Potensi Perjalanan Panjang Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengamankan tiket ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah menang atas Filipina. Berikut jadwal lengkap ronde 3, 4 dan 5 kualifikasi ini, dengan skuad Garuda berpotensi melakoni perjalanan panjang. 

Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dengan kemenangan tersebut, Timnas Indonesia finis kedua di klasemen akhir Grup F. Skuad Garuda lolos ke putaran ketiga sebagai runner-up Grup F dengan koleksi 10 poin.

Peringkat kedua di klasemen akhir Grup F sekaligus juga memastikan Timnas Indonesia senior lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

Baca Juga: Janji Thom Haye, Timnas Indonesia Takkan Inferior Hadapi Para Macan Asia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia

Meski sukses mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia, perjalanan Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026, yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, memang masih panjang nan terjal.

Di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti, Timnas Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk tim-tim raksasa macam Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia.

Ke-18 tim tersebut akan memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi dalam tiga grup yang diisi enam tim, dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Andai pun gagal menjadi juara dan runner-up grup di ronde ketiga nanti, Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan kampanye di posisi ketiga atau keempat klasemen akhir.

Baca Juga: Terungkap Alasan Timnas Indonesia Pakai Jersey Tandang Padahal Tuan Rumah Lawan Filipina, Ternyata Akal Bulus STY Lagi

Dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket play-off.

Enam tim peringkat ketiga dan keempat dari putaran ketiga ini nantinya akan dibagi dalam dua grup, masing-masing grup diisi tiga tim

Tim-tim ini akan saling berhadapan satu kali di venue netral, jadi bukan dengan sistem kandang-tandang lagi.

Para juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026, sementara runner-up dari masing-masing grup akan bertarung lagi di putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pada putaran kelima ini, dua tim tersebut akan saling berhadapan dalam partai hidup mati dua leg kandang-tandang, untuk menentukan wakil Asia untuk pertandingan play-off antar konfederasi.

Nah, sang pemenang akan mengamankan tiket terakhir menuju putaran final Piala Dunia 2026.

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia sendiri akan melanjutkan perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September 2024 nanti.

Matchday 1 ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimulai pada 5 September 2024. Sementara matchday pamungkas yakni matchday 10 dijadwalkan pada 10 Juni 2025.

Sementara itu, ronde keempat kualifikasi akan dilangsungkan pada Oktober 2025 mendatang, dengan tanggal pastinya belum ditentukan.

Sedangkan ronde kelima, yakni play-off antar konfederasi yang melibatkan salah satu wakil Asia, akan diselenggarakan pada November 2025.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #jadwal #round #kualifikasi #piala #dunia #2026 #zona #asia #potensi #perjalanan #panjang #timnas #indonesia

KOMENTAR