Timnas Indonesia Tembus Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Patahkan Rekor 1958 dan 1986
Starting XI Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Filipina yang digelar Selasa (11/6/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. [Bay Ismoyo / AFP]
05:36
12 Juni 2024

Timnas Indonesia Tembus Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Patahkan Rekor 1958 dan 1986

Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa.

Melalui dua gol yang dicetak dari tendangan keras Thom Haye (31') dan sundulan Rizky Ridho (55'), Indonesia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin dan lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia menemani pemuncak klasemen Irak dengan 15 poin yang sudah terlebih dulu memastikan lolos walaupun masih menyisakan satu laga.

Ini merupakan sejarah baru bagi Timnas Indonesia, di mana skuad Garuda berhasil menembus fase terjauh di ajang Kualifikasi Piala Dunia sepanjang sejarah.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berjaya di Kualifikasi Piala Dunia, STY Justru Soroti Jeleknya Lapangan SUGBK

Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong saat ini mematahkan rekor pencapaian terbaik skuad Garuda sebelumnya di Kualifikasi Piala Dunia pada 1958 dan 1986 silam.

Ekspresi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 6 Juni 2024. [Bay Ismoyo / AFP]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Bay Ismoyo / AFP]

Sebelumnya, Timnas Indonesia senior pernah mencapai putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 1986. Namun, saat itu memang kualifikasi masih memakai format lama.

Sementara pada Kualifikasi Piala Dunia 1958 silam, Timnas Indonesia lolos ke putaran kedua kualifikasi setelah lolos dari Grup 1 ronde pertama.

Namun, di putaran kedua, Presiden Soekarno menolak timnas bermain dengan Israel. Padahal, jika berhasil melewati tahap ini, Timnas Indonesia berpeluang besar melaju ke putaran final Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia.

Teranyar, untuk format terbaru Kualifikasi Piala Dunia zona Asia, Timnas Indonesia sebelumnya memang belum pernah melaju ke babak ketiga.

Baca Juga: Timnas Indonesia Melaju Jauh di Kualifikasi Piala Dunia, Malaysia Dobel Kena Sial

Jadi, pencapaian Timnas Indonesia di bawah rezim Shin Tae-yong saat ini adalah yang terbaik.

Timnas Indonesia sendiri sebenarnya pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tapi saat itu negeri tercinta kita masih bernama Hindia Belanda.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #tembus #babak #kualifikasi #piala #dunia #2026 #patahkan #rekor #1958 #1986

KOMENTAR