Ernando Ari Blunder Lawan Irak, Siapa yang Akan Dipilih STY Kawal Gawang Garuda di Laga Timnas Indonesia Vs Filipina?
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Ernando Ari Sutaryadi tetunduk usai kalah saat melawan Tim nasional Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/a
16:54
10 Juni 2024

Ernando Ari Blunder Lawan Irak, Siapa yang Akan Dipilih STY Kawal Gawang Garuda di Laga Timnas Indonesia Vs Filipina?

Jelang pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, pertanyaan besar muncul: siapa kiper yang akan diturunkan oleh Shin Tae-yong di Stadion GBK?

Sebagaimana diketahui, Ernando Ari menjadi sorotan setelah kekalahan dua gol tanpa balas Timnas Indonesia dari Irak pada Kamis (26/6/2024), terutama karena blundernya di menit 88.

Setelah pertandingan, Ernando tampak murung, dan Shin Tae-yong bahkan kabarnya enggan berbicara dengannya.

Dengan pertandingan penting yang akan dihadapi di depan ribuan suporter, nasib Ernando Ari pun menjadi tanda tanya. Masihkah ia dipercaya untuk berdiri di bawah mistar Timnas Indonesia saat hadapi Filipina pada Selasa (11/6/2024), atau STY memilih kiper lain.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina: Tim Garuda Superior

Perihal hal tersebut, ada beberapa kemungkinan. Berikut ulasannya.

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Justin Hubner (kiri) dan Rizky Ridho Ramadhani (kanan) memberi semangat kepada Ernando Ari Sutaryadi (tengah) usai kemasukan gol saat bertanding melawan Tim nasional Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Justin Hubner (kiri) dan Rizky Ridho Ramadhani (kanan) memberi semangat kepada Ernando Ari Sutaryadi (tengah) usai kemasukan gol saat bertanding melawan Tim nasional Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Dua Alternatif

Jika Ernando Ari absen, Nadeo Argawinata dan Adi Satryo dapat menjadi alternatif.

Nadeo, yang telah tampil imbang dengan Borneo FC, menunjukkan kualitasnya dengan 13 clean sheet dan 110 penyelamatan gemilang di musim ini.

Postur jangkung dan konsistensinya menjadikannya kandidat kuat untuk diturunkan oleh Shin Tae-yong dalam pertandingan melawan Filipina.

Baca Juga: Datang ke Indonesia, Pemain Keturunan yang Berkarier di Ajax Amsterdam Minat Jadi WNI?

Pelatih mungkin lebih memilihnya karena kesiapannya secara mental dan rasa percaya dirinya.

Sementara Adi Satryo, kiper jebolan PPLP DKI Jakarta, juga merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan.

Meskipun lebih sedikit diperbincangkan dibandingkan dengan Ernando Ari dan Nadeo Argawinata, Adi telah membuktikan kemampuannya sebagai penjaga gawang utama PSIS Semarang dalam 23 pertandingan musim 2023/2024.

Dengan usia yang masih 22 tahun, Adi Satryo dianggap sebagai salah satu aset masa depan Timnas Indonesia di posisi kiper.

Ernando Ari Bangkit, Lupakan Aksi Konyol di Laga Lawan Irak

Tangisan penyesalan Ernando Ari telah memicu empati dari rekan-rekan setimnya, yang terus memberikan dukungan dan menguatkan hatinya.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, menyatakan bahwa Ernando Ari sudah kembali tersenyum, menandakan kesiapannya untuk menerima instruksi dari Shin Tae-yong.

Meskipun demikian, Ernando Ari tetap dianggap sebagai kiper terbaik yang dimiliki oleh Shin Tae-yong. Bukan tidak mungkin ia diberikan wejangan guna mendongkrak mental, dan kembali mengawal gawang Garuda menghadapi Filipina.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Di laga ini, skuad Garuda yang hanya unggul satu poin dari Vietnam di Grup F wajib menang untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #ernando #blunder #lawan #irak #siapa #yang #akan #dipilih #kawal #gawang #garuda #laga #timnas #indonesia #filipina

KOMENTAR