Benarkah Calvin Verdonk ke Indonesia karena Mencari Ayahnya yang Tak Kembali Sejak 2004?
Calon naturalisasi Timnas Indonesia Calvin Ronald Verdonk (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/6/2024). Raker tersebut membahas permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia (naturalisasi) kepada dua atlet sepak bola keturunan Indonesia yakni Jens Raven dan Calvin Ronald Verdonk ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
16:00
4 Juni 2024

Benarkah Calvin Verdonk ke Indonesia karena Mencari Ayahnya yang Tak Kembali Sejak 2004?

Belakangan ini muncul isu mengenai calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, yang kabarnya tengah mencari keberadaan ayahnya yang tak kunjung kembali sejak tahun 2004.

Isu ini dimunculkan netizen melalui diskusi di akun X @FT_IDN alias FT Scouting. Akun ini memang kerap membahas dan memantau para pemain keturunan Indonesia yang tersebar di luar negeri.

Hal itu dapat dilihat dari keterangan yang mereka cantumkan dalam akunnya, yakni “Freelance Scouting Diaspora”. Artinya, akun X @FT_IDN ini berusaha menelusuri jejak-jejak pemain diaspora Indonesia di berbagai negara.

Pada mulanya, akun tersebut tengah membahas status Calvin Verdonk dan Jens Raven yang sebentar lagi bakal menjadi warga negara Indonesia (WNI). Latar belakang keluarga dari kedua pemain ini menjadi pembahasan.

Baca Juga: Tersisih dari Timnas Indonesia, Elkan Baggott Tetap Latihan Mandiri di New York

Calvin Verdonk diketahui memiliki ayah kelahiran Meulaboh, Aceh, sedangkan Jens Ravin memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya di pihak ayah yang diketahui lahir di Yogyakarta.

“Ayahnya orang Indonesia. Calvin pakai marga ibunya “Verdonk”. Sedangkan nama tengahnya diambil dari nama ayahnya, Ronald,” tulis akun @FT_IDN saat membalas pertanyaan netizen yang menyebut “Calvin Verdonk Blijvers?”.

Cuitan inilah yang kemudian dibalas oleh seorang netizen dengan akun X @AbdurraufDan** yang menyeret isu soal keberadaan ayah Calvin Verdonk yang disebut menjadi tanda tanya besar.

“Maaf numpang tanya min scout, apa benar Verdonk tidak pernah menerima kabar soal ayahnya sejak Tsunami Aceh 2004?” tulis akun tersebut.

Kemudian, akun @FT_IDN menjawab, “Ini info dari mana. Setahu kami ayah Calvin masih ada, walaupun Calvin sejak kecil tinggal dengan ibunya.”

Baca Juga: Harga Pasar Terbaru Jay Idzes, Lampaui Thom Haye dan Calvin Verdonk

Sebelumnya, nama Calvin Verdonk mulai menjadi perbincangan publik setelah dirinya bertemu dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang kala itu terbang ke Belanda untuk mengecek para pemainnya.

Momen itu tepatnya terjadi saat SC Heerenveen bertanding melawan NEC Nijmegen. Sebagai informasi, Calvin Verdonk merupakan bek andalan NEJ Nijmegen. Kabarnya, ayah kandungnya berasal dari Aceh.

Verdonk tercatat lahir di Dordrecht, Belanda, pada 26 April 1997. Pemain yang berposisi sebagai fullback kiri ini sempat membuat netizen penasaran terhadap sosoknya ketika Shin Tae-yong mengunggah foto tersebut.

"Dua pertandingan terakhir di Belanda. Menggali pemain baru kali ini?" tulis Shin Tae-yong dalam postingannya bersama sejumlah pemain, termasuk Calvin Verdonk.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #benarkah #calvin #verdonk #indonesia #karena #mencari #ayahnya #yang #kembali #sejak #2004

KOMENTAR