Presiden Serie A Muluskan Langkah Jay Idzes Tampil di Kasta Teratas Liga Italia, Ubah Aturan Non-Uni Eropa!
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes saat berseragam Venezia FC. [Dok. Venezia FC]
06:18
3 Juni 2024

Presiden Serie A Muluskan Langkah Jay Idzes Tampil di Kasta Teratas Liga Italia, Ubah Aturan Non-Uni Eropa!

Jay Idzes berhasil membawa Venezia promosi ke Serie A Liga Italia 2024-2025. Pertanyaan pun muncul apakah sang bek 24 tahun memenuhi syarat untuk menjalani debut di kasta teratas musim depan?

Venezia promosi ke Serie A setelah mengalahkan Cremonese 1-0 dalam leg kedua final playoff di Stadion Pier Luigi Penzo, Senin (36/2024) dini hari WIB.

Kemenangan tipis itu sudah cukup bagi mereka mengunci tiket ke Serie A setelah pada leg pertama bermain imbang tanpa gol.

Meski membawa Venezia lolos ke Serie A, nasib Jay Idzes sempat menjadi tanda tanya merujuk adanya aturan pembatasan jumlah pemain non Uni Eropa.

Baca Juga: Tanpa Jay Idzes dan Elkan Baggott, Bukan Berarti Timnas Indonesia Krisis Lini Pertahanan!

Sebelumnya, Serie A cuma memperbolehkan setiap tim meregistrasi dua pemain non Uni Eropa permusim. Jika membeli pemain baru, pemain yang lama harus di depak.

Situasi itu jelas akan memengaruhi Jay Idzes yang kini berpaspor Indonesia alias masuk dalam daftar pemain non Uni Eropa.

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes (kiri) merayakan keberhasilan Venezia promosi ke Serie A musim depan bersama rekannya. Venezia menang 1-0 atas Cremonese di leg kedua final playoff dan berhakn melaju ke Serie A musim depan. [Dok. IG/Jay Idzes]Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes (kiri) merayakan keberhasilan Venezia promosi ke Serie A musim depan bersama rekannya. Venezia menang 1-0 atas Cremonese di leg kedua final playoff dan berhakn melaju ke Serie A musim depan. [Dok. IG/Jay Idzes]

Namun, Presiden Lega Serie A, Lorenzo Casini, belakangan mengonfirmasi bahwa mulai musim 2024-2025, aturan non Uni Eropa mengalami perubahan.

Setiap tim memang masih dibatasi untuk meregistrasi hanya dua pemain baru dari non Uni Eropa. Tapi, pemain non Uni Eropa yang sudah ada di skuad bisa dipertahankan.

"Presiden Lega Serie A Lorenzo Casini telah mengonfirmasi bahwa mulai musim 2024-25, akan ada perubahan signifikan pada aturan liga dalam mendaftarkan pemain non Uni Eropa," tulis Football-Italia.

Baca Juga: Dipastikan Absen, 3 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Gantikan Jay Idzes Lawan Irak

"Aturan saat ini menyatakan bahwa klub-klub Serie A diperbolehkan mendaftarkan hingga dua pemain non-UE per musim, salah satunya harus menjadi pengganti pemain non-UE yang keluar."

"Namun, mulai musim depan dan seterusnya, tim akan diizinkan untuk mendaftarkan dua pemain non-UE per musim tanpa harus mengganti pemain non-UE yang sudah ada, seperti yang dikonfirmasi Casini pada akhir pertemuan dewan Lega."

Aturan baru jelas memuluskan langkah Jay Idzes untuk menjadi pesepak bola pertama yang bermain di Serie A.

Andai Venezia merekrut banyak pemain termasuk non Uni Eropa untuk memperkuat tim musim depan, Jay Idzes tidak akan terdampak.

Apalagi, kontra bek dengan tinggi badan 1,9 meter itu masih cukup lama di Venezia yakni hingga 2027.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #presiden #serie #muluskan #langkah #idzes #tampil #kasta #teratas #liga #italia #ubah #aturan #eropa

KOMENTAR