Maarten Paes Unggah Kalimat Motivasi soal Penyesalan, Gara-gara Tak Bisa Bela Timnas Indonesia?
Kiper milik klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas, Maarten Paes saat menjalani pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, (30/4/2024). (ANTARA/Ho/PSSI)
16:24
28 Mei 2024

Maarten Paes Unggah Kalimat Motivasi soal Penyesalan, Gara-gara Tak Bisa Bela Timnas Indonesia?

Kata-kata Maarten Paes usai tak kunjung dipanggil PSSI memperkuat Timnas Indonesia padahal sudah berstatus WNI menuai sorotan dari netizen Tanah Air.

Maarten Paes digadang-gadang sebagai pemain yang bakal dipanggil PSSI dalam menggenapi jumlah pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini PSSI baru memanggil 22 pemain untuk ajang tersebut, masih akan ada dua pemain yang bakal dipanggil memperkuat Timnas Indonesia.

Salah satu sosok yang kuat diduga bakal dipanggil adalah Maarten Paes, pemain keturunan Belanda yang sudah mendapatkan status WNI pada 30 Mei 2024 lalu.

Baca Juga: Marc Klok Belum Menyerah Masuk Skuad Timnas Indonesia, Incar Tempat di ASEAN Cup 2024

Paes pun masih menyibukkan diri dengan tugas bersama Dallas FC di Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat, sembari menanti panggilan.

Seiring itu, Paes tiba-tiba jadi sorotan netizen Tanah Air karena sebuah tulisan yang diunggah pada akun Instagram pribadi.

"Tidak ada waktu untuk menyesal. Lanjut ke berikutnya," tulis Maarten Paes.

Kata-kata itu diunggah dengan menyertakan sebuah foto yang menunjukkan aksi Maarten Paes bermain bersama Dallas FC.

Lantas apa makna di balik kata-kata yang dilontarkan Paes? Apakah karena sudah terlanjur dinaturalisasi tetapi tidak bisa membela Timnas Indonesia?

Baca Juga: Meski Hanya Bermain 3 Menit, Pratama Arhan Sukses Catat Rekor Pesepakbolaan Indonesia

Spekulasi liar pun banyak bertebaran, memang faktanya Paes tak bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia karena riwayat bermain di Timnas Belanda U-21.

Hal ini berkaitan dengan regulasi FIFA, di mana seorang pemain tidak bisa berpindah federasi dan memperkuat timnas lain jika usianya sudah melewati 21 tahun.

Kondisi ini sedang diperjuangkan PSSI dengan membawanya ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), meski hingga saat ini hasil sidang masih belum diketahui.

Kans Maarten Paes bermain untuk Timnas Indonesia tetap masih ada, karena itu fan di Tanah Air tentu berharap sang pemain segera bergabung.

Banyak agenda yang bakal dijalani pemain berusia 25 tahun itu bersama skuad Garuda, mulai dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia hanya perlu memetik satu kemenangan di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, untuk memastikan lolos ke putaran ketiga.

Jika skuad Garuda mampu meraih itu, maka tiket otomatis ke Piala Asia 2027 bakal diamankan Timnas Indonesia.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #maarten #paes #unggah #kalimat #motivasi #soal #penyesalan #gara #gara #bisa #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR