Profil Kim Eun-jung, Pelatih Suwon FC yang Pantau Pratama Arhan Sejak di Timnas Indonesia Junior
Pelatih Suwon FC, Kim Eun-Jung. (dok KFA)
17:12
17 Januari 2024

Profil Kim Eun-jung, Pelatih Suwon FC yang Pantau Pratama Arhan Sejak di Timnas Indonesia Junior

Hadirnya Kim Eun-jung sebagai pelatih anyar Suwon FC memberi berkah buat Pratama Arhan yang akhirnya direkrut oleh klub K League 1 tersebut.

Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan resmi bergabung dengan Suwon FC, klub asal Korea Selatan yang berkompetisi di K-League 1.

Kepastian itu terungkap setelah akun Instagram resmi milik Suwon FC mengunggah penyambutan Pratama Arhan sebagai pemain baru.

Merapatnya Arhan ke Suwon FC tidak terlepas dari rekomendasi Kim Eun-jung. Ia menyebut pemain berusia 22 tahun itu sudah dipantau sejak di Timnas Indonesia kelompok umur.

"Arhan adalah pemain yang saya pantau sejak dia masih bersama timnas junior," kata Kim Eun-jung dari laman Yonhap News.

Arhan memang menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang bersinar di kelompok umur dan mampu mengembangkan kariernya hingga ke luar negeri.

Lantas, siapa sebetulnya Kim Eun-jung? Berikut sepak terjang dan profilnya!

Profil Kim Eun-jung

Kim Eun-jung merupakan mantan pesepak bola Korea Selatan yang posisi bermainnya sebagai penyerang tengah.

Lelaki kelahiran Seoul, Korea Selatan, pada 8 April 1979, ini memiliki rekam jejak yang cukup panjang di dunia sepak bola Negeri Ginseng.

Sebelum terjun di dunia kepelatihan, Kim Eun-jung sempat bermain bersama sejumlah klub seperti Daejeon Citizen, FC Seoul, Gangwon FC, Jeju United, hingga Pohang Steelers.

Kim Eun-jung juga sempat berkarier di luar negeri bersama klub Jepang, Vegalta Sendai, dan klub China, CS Ginde.

Karier kepelatihannya bermula ketika ditunjuk sebagai asisten pelatih di AFC Tubize (Belgia) yang membantu sejumlah pelatih kepala. Mulai dari Colbert Marlot, Regis Brouard, Thierry Goudet, William Salvadori, hingga Thierry Berghmans.

Pada tahun 2017, Kim Eun-jung dipanggil pulang oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) untuk menjadi asisten pelatih timnas U-23.

Selama bertugas, ia sempat membantu sejumlah pelatih seperti Kim Hak-bun, Kim Gong-gol, hingga Hwang Sun-hong. Setidaknya, tugas sebagai asisten pelatih itu berlangsung selama empat tahun. Mulai dari tahun 2017 hingga akhir tahun 2017.

Sebab, dia sudah dipercaya untuk menjadi pelatih kepala di timnas U-19 Korea Selatan pada 2021.

Salah satu kiprah paling sukses Kim Eun-jung selama menjadi asisten pelatih Korea Selatan ialah mengantarkan anak asuhnya meraih medali emas Asian Games 2018 dan juara Piala Asia U-23 2020.

Setelah kontraknya sebagai pelatih Timnas Korea U-20, Kim Eun-jung direkrut oleh Suwon FC untuk menjadi pelatih per 20 Desember 2023.

Dari informasi Transfermarkt, Kim Eun-jung mendapat kontrak cukup panjang karena ditugaskan hingga Desember 2025.

Tugas Kim Eun-jung tidak mudah untuk mengangkat performa Suwon FC yang musim lalu cuma finis di peringkat ke-11 K League 1 dan hampir degradasi ke K League 2.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #profil #jung #pelatih #suwon #yang #pantau #pratama #arhan #sejak #timnas #indonesia #junior

KOMENTAR