Statistik 4 Gelandang Timnas Indonesia Jelang Hadapi Irak dan Filipina
Timnas Indonesia (pssi.org)
19:00
17 Mei 2024

Statistik 4 Gelandang Timnas Indonesia Jelang Hadapi Irak dan Filipina

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjalanan di putaran Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menghadapi Irak dan Filipina di Grup F.

Pertandingan melawan Irak akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 6 Juni 2024, diikuti oleh pertandingan melawan Filipina lima hari kemudian di tempat yang sama.

Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 22 pemain, termasuk empat gelandang, Thom Haye, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan Ricky Kambuaya yang diharapkan menjadi pendorong kreativitas dalam skuad.

Berikut statistik gelandang skuad Garuda jelang menghadapi Irak dan Filipina.

1. Ivar Jenner

Gelandang Indonesia Ivar Jenner (Kiri) berebut bola dengan bek Guinea Madiou Keita (tengah) selama pertandingan play-off pra-Olimpiade antara Indonesia dan Guinea, untuk tempat terakhir di turnamen sepak bola Olimpiade putra di Paris 2024, di Clairefontaine-en-Yvelines, selatan Paris, pada 9 Mei 2024.Miguel MEDINA / AFPGelandang Indonesia Ivar Jenner (Kiri) berebut bola dengan bek Guinea Madiou Keita (tengah) selama pertandingan play-off pra-Olimpiade antara Indonesia dan Guinea, untuk tempat terakhir di turnamen sepak bola Olimpiade putra di Paris 2024, di Clairefontaine-en-Yvelines, selatan Paris, pada 9 Mei 2024.Miguel MEDINA / AFP

Pemain berusia 20 tahun ini berperan sebagai gelandang bertahan, memberikan stabilitas dan mengatur aliran permainan tim.

Jenner, salah satu gelandang terbaik Indonesia, telah tampil delapan kali bersama Timnas Indonesia.

Dengan kemampuan membaca permainan yang luar biasa, ia sering memutus serangan lawan melalui intersepnya dan mendistribusikan bola dengan akurat.

Selain itu, Jenner juga memiliki tendangan jarak jauh yang mematikan.

2. Ricky Kambuaya

Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya saat berduel dengan pemain Libya saat kedua tim berhadapan dalam laga uji coba (Dok. PSSI).Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya saat berduel dengan pemain Libya saat kedua tim berhadapan dalam laga uji coba (Dok. PSSI).

Ricky Kambuaya adalah gelandang serang dalam skuad Timnas Indonesia untuk pertandingan melawan Irak dan Filipina.

Meskipun sering menjadi pengganti dalam formasi 3-4-3, ia bisa menjadi kunci dalam formasi 4-3-3.

Dikenal dengan pergerakan eksplosif dan tendangan akurat, Kambuaya juga merupakan gelandang paling berpengalaman dalam tim dengan 37 penampilan, mencatatkan lima gol dan enam assist.

3. Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (kanan). (Instagram/linojr)Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (kanan). (Instagram/linojr)

Marselino Ferdinan, gelandang serang dari KMSK Deinze, ada dalam skuad Timnas Indonesia untuk menghadapi Irak dan Filipina.

Meskipun posisinya bisa bervariasi, kemungkinan besar ia akan bersaing dengan Thom Haye dan Ivar Jenner untuk tempat di lini tengah. Meskipun demikian, ia bisa dimainkan di sektor sayap.

Dengan 21 penampilan bersama tim nasional, Marselino telah mencetak tiga gol dan satu assist dalam 1.388 menit bermain.

4. Thom Haye

Thom Haye (pssi.org)Thom Haye (pssi.org)

Thom Haye belum lama memperkuat Timnas Indonesia. Dia tercatat baru sekali berseragam Merah Putih saat Timnas Indonesia menggebuk Vietnam 3-0 di Hanoi pada Maret lalu.

Meski demikian, Haye dinilai sebagai tambahan luar biasa bagi lini tengah Timnas Indonesia. Bermain sebagai gelandang bertahan, dia jadi metronom dalam mengatur serangan tim Merah Putih.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #statistik #gelandang #timnas #indonesia #jelang #hadapi #irak #filipina

KOMENTAR