Eks Pelatih Thailand Sinis, Anggap Naturalisasi Timnas Indonesia Tak Bisa Datangkan Kesuksesan
Timnas Indonesia (pssi.org)
14:42
16 Mei 2024

Eks Pelatih Thailand Sinis, Anggap Naturalisasi Timnas Indonesia Tak Bisa Datangkan Kesuksesan

Mantan pelatih Thailand, Witthaya Laohakul memandang sinis program naturalisasi PSSI untuk memperkuat timnas Indonesia.

Sejauh ini timnas Indonesia memang diperkuat pemain naturalisasi. Hasilnya tidak buruk karena skuad Garuda mampu menembus 16 besar Piala Asia 2023.

Bukan hanya itu, anak asuh Shin Tae-yong juga berpeluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 seiring datangnya pemain naturalisasi yang membela timnas Indonesia.

Menariknya PSSI masih belum akan berhenti. Nyatanya pemain yang sudah mendapatkan persetujuan dari Shin Tae-yong seperti Calvin Verdonk dan Jens Raven sedang menjalani proses.

Meski berhasil membawa efek positif di timnas Indonesia, nyatanya program naturalisasi ini dipandang sinis oleh mantan pelatih Thailand Witthaya Laohakul.

Menurutnya naturalisasi ini tidak bisa dilakukan terus menerus. Sebab, kesuksesan tidak akan datang jika berbicara jangka panjang.

"Dala jangka pendek tidak apa-apa (naturalisasi). Untuk jangka panjang menurut saya tidak bisa sukses," ucap Laohakul dikutip dari YouTube Harimau Malaya.

Lebih lenjut, Laohakul menjelaskan bahwa cara agar timnas stabil seharusnya dari pembinaan pemain muda.

"Itu sebabnya kami perlu memiliki stabilitas dari pemain level muda hingga akademi," sambungnya.

Adapun timnas Indonesia akan mentas di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan melawan Irak serta Filipina pada Juni 2024 mendatang.

Editor: Arif Budi

Tag:  #pelatih #thailand #sinis #anggap #naturalisasi #timnas #indonesia #bisa #datangkan #kesuksesan

KOMENTAR