Nasib Nahas Gian Piero Gasperini Bersama Atalanta, Tiga Kali Final, Tiga Kali Gagal Angkat Trofi Coppa Italia
Pelatih Atalanta asal Italia Gian Piero Gasperini dan para pemain Atalanta terlihat sedih di penghujung Final Piala Italia antara Atalanta dan Juventus di stadion Olimpiade Roma pada 15 Mei 2024. Filippo MONTEFORTE / AFP
06:18
16 Mei 2024

Nasib Nahas Gian Piero Gasperini Bersama Atalanta, Tiga Kali Final, Tiga Kali Gagal Angkat Trofi Coppa Italia

Gian Piero Gasperini kembali gagal mengangkat trofi bersama Atalanta di ajang Coppa Italia. Menghadapi Juventus di partai final, pelatih berusia 66 tahun itu kembali gigit jari.

Atalanta gagal memenangi Coppa Italia musim ini setelah dikalahkan Juventus. Dalam laga yang digelar di Stadio Olimpico, Kamis (16/5/2024), La Dea kalah tipis 1-0.

Penampilan Atalanta di laga tersebut tidak mengecewakan. Namun hasil akhir lah yang membuat mereka kecewa, dan semuanya karena gol semata wayang Dusan Vlahovic di menit keempat babak pertama.

Pelatih Atalanta asal Italia Gian Piero Gasperini menyaksikan Final Piala Italia antara Atalanta dan Juventus di stadion Olimpiade di Roma pada 15 Mei 2024.Filippo MONTEFORTE / AFPPelatih Atalanta asal Italia Gian Piero Gasperini menyaksikan Final Piala Italia antara Atalanta dan Juventus di stadion Olimpiade di Roma pada 15 Mei 2024.Filippo MONTEFORTE / AFP

Kegagalan tersebut merupakan yang ketiga kalinya bagi Gasperini. Sebagaimana diketahui, sebelumnya pelatih yang disebut-sebut jenius seperti Pep Guardiola itu sudah dua kali mengantar La Dea ke final Coppa Italia.

Di bawah komando Gasperini, Atalanta mencapai final Coppa Italia di musim 2018/19 dan 2020/21. Tapi keduanya berakhir dengan kegagalan.

Di musim 2018/19, Atalanta dikalahkan Lazio di partai final. La Dea ketika itu kalah telak dua gol tanpa balas.

Kemudian, di final Coppa Italia musim 2020/21, Gasperini kembali gagal membawa pulang trofi. Ketika itu mereka dikalahkan Juventus dengan skor tipis 2-1.

Kalah tiga kali di final Coppa Italia, Gasperini yang melatih sejak tahun 2016 hingga kini belum mampu mempersembahkan trofi bagi La Dea.

Atalanta sendiri pernah memenangi Coppa Italia satu kali di tahun 1963.

Sementara untuk Juventus, kekecewaan Gasperini dan para pemain Atalanta menandai gelar ke-15 mereka di ajang ini. Gelar terbanyak yang belum mampu dipatahkan 'raksasa' lain di Serie A.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #nasib #nahas #gian #piero #gasperini #bersama #atalanta #tiga #kali #final #tiga #kali #gagal #angkat #trofi #coppa #italia

KOMENTAR