3 Raksasa Asia Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ngeri Semua!
Skuat Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam, 21 Maret 2024 (pssi.org)
07:36
15 Mei 2024

3 Raksasa Asia Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ngeri Semua!

Timnas Indonesia berpeluang besar melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Andai lolos, mereka sudah ditunggu para raksasa Asia penghuni pot 1. Siapa saja?

Skuad Garuda akan memainkan dua laga sisa Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Juni 2024. Mereka bakal menghadapi Irak dan Filipina.

Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada 6 dan 11 Juni mendatang. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta akan menjadi venue dari dua laga tersebut.

Merujuk klasemen Grup F, Timnas Indonesia cuma butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Peluang meraih kemenangan terbuka lebar saat Garuda menjamu Filipina pada 11 Juni mendatang, kendati saat menghadapi Irak pun, kans untuk meraup poin penuh juga terbuka.

Andai berhasil lolos, Timnas Indonesia sudah ditunggu tim-tim kuat di putaran ketiga. Lawan-lawan di fase ini merupakan tim-tim langganan Piala Asia dan Piala Dunia.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diikuti 18 negara. Peserta nantinya akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam negara.

Tim-tim yang berhasil finis di dua besar masing-masing grup berhak lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat ketiga dan keempat bakal melanjutkan perjuangan ke putaran keempat.

Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) saat berlebrasi usai sukses bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) saat berlebrasi usai sukses bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) nantinya akan membagi 18 klub ke dalam enam pot sebelum melakukan drawing fase grup untuk putaran ketiga ini.

Penentuan pot didasari dari ranking FIFA masing-masing peserta sebelum drawing dilaksanakan.

Andai lolos, Timnas Indonesia akan menjadi peserta dengan ranking FIFA terendah di putaran ketiga. Alhasil, Garuda bakal ditempatkan di pot terakhir.

Artinya, Timnas Indonesia akan tergabung bersama masing-masing satu tim dari pot 1-5 di fase grup putaran ketiga nanti.

Khusus pot 1, calon lawan Timnas Indonesia akan berstatus raksasa Asia yang sudah jadi langganan lolos ke Piala Dunia.

Berikut 3 negara kuat penghuni pot 1 yang akan jadi calon lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

3. Korea Selatan

Kapten timnas Korea Selatan, Song Heung-min, saat melawan Yordania pada semifinal Piala Asia 2023. (X atau Twitter/@afcasiancup)Kapten timnas Korea Selatan, Song Heung-min, saat melawan Yordania pada semifinal Piala Asia 2023. (X atau Twitter/@afcasiancup)

Korea Selatan merupakan negara Asia langganan Piala Dunia. Mereka belum dipastikan lolos ke putaran ketiga, tetapi diyakini bakal melaju setelah memainkan dua laga sisa Grup C pada Juni mendatang.

Korea Selatan saat ini menduduki peringkat 23 dalam Ranking FIFA yang artinya merupakan tim terbaik ketiga di Asia saat ini.

2. Iran

Pemain timnas Iran merasa bahagia karena timnya dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 (instagram/iran_football_federation)Pemain timnas Iran merasa bahagia karena timnya dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 (instagram/iran_football_federation)

Iran sudah dipastikan melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama Uzbekistan setelah sama-sama mengoleksi 10 poin dalam empat laga pertama Grup E.

Irak bakal masuk pot 1 dalam drawing nanti karena saat ini menduduki peringkat 20 dunia alias tim terbaik kedua di Asia.

1. Jepang

Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]

Jepang adalah negara langganan Piala Dunia. Pada edisi 2022, mereka bahkan memberi kejutan dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Spanyol dan Jerman.

Prestasi itu sejalan dengan posisi mereka di Ranking FIFA. Jepang saat ini menduduki peringkat 18 alias berstatus tim terbaik Asia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #raksasa #asia #calon #lawan #timnas #indonesia #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #ngeri #semua

KOMENTAR