Tiru Timnas Indonesia, Filipina Bakal Turunkan 8 Pemain Naturalisasi untuk Hadapi Vietnam
Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet. (pff.org)
22:36
14 Mei 2024

Tiru Timnas Indonesia, Filipina Bakal Turunkan 8 Pemain Naturalisasi untuk Hadapi Vietnam

Bulan depan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua akan kembali bergulir, dan setiap tim mulai melakukan persiapan, tidak terkecuali Filipina dan Timnas Indonesia.

Filipina akan bertandang ke markas Vietnam pada 6 Juni 2024, sementara di pertandingan lain Grup F Timnas Indonesia akan menjamu Irak.

Tom Saintfiet, pelatih baru Filipina yang berpotensi sulitkan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (soha.vn)Tom Saintfiet, pelatih baru Filipina yang berpotensi sulitkan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (soha.vn)

Menghadapi Vietnam, pelatih Filipina Tom Saintfiet kabarnya ingin meniru sukses Timnas Indonesia. Sebagaimana diketahui, di dua pertandingan Grup F tim asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Vietnam di laga kandang (1-0) dan tandang (0-3), pada 21 dan 26 Maret 2024.

Sukses Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam secara beruntun tidak lepas dari kehadiran sejumlah pemain naturalisasi. Hal ini yang akan ditiru Filipina.

Dilaporkan The Thao, Selasa (14/5/2024), Filipina berpeluang menggunakan delapan pemain naturalisasi saat bertandang ke markas Vietnam awal bulan depan.

Sebagaimana diketahui, Pelatih timnas Filipina Tom Saintfiet, aktif melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa untuk mencari talenta kelahiran Filipina yang sedang atau pernah bermain di Eropa atau Amerika.

Hasilnya, sebanyak delapan pemain ia dapatkan dan mereka telah setuju memperkuat Filipina. Pengajuan proses naturalisasi sudah disampaikan dan tengah diproses oleh Federasi Sepak Bola Filipina (PFF).

Proses tersebut kabarnya bakal rampung dalam waktu dekat dan delapan pemain tersebut diproyeksikan bisa tampil menghadapi dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F melawan Vietnam dan Irak.

Delapan pemain tersebut adalah Raphael Obermair (Paderborn, Jerman), Anthony Markanich (St. Louis City SC, AS), Joseph Baccat, Zico Bailey (New Mexico United, AS), Dylan Demuynck (Zulte Waregem, Belgia), Johannes Selven (Odense BK, Denmark), Bjorn Martin Christensen (Aalesunds FK, Norwegia) dan Adrian Ugelvik (Levanger FK, Norwegia).

"Kemungkinannya sampai 90%. Paspor pemain sudah siap untuk pertandingan bulan depan," ungkap Saintfiet soal penggunaan pemain naturalisasi kepada media Filipina.

Tergabung di Grup F bersama Vietnam, Timnas Indonesia dan Irak, Filipina yang hanya mampu mendulang satu poin dari empat pertandingan saat ini menempati posisi juru kunci dengan sebiji poin.

Di atas mereka ada Vietnam yang mengoleksi tiga poin dari empat laga. Sementara Irak berada di posisi teratas dengan menyapu bersih 12 poin, diikuti Timnas Indonesia di posisi dua dengan tujuh poin.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #tiru #timnas #indonesia #filipina #bakal #turunkan #pemain #naturalisasi #untuk #hadapi #vietnam

KOMENTAR