Fokus Bawa Timnas Indonesia Menang, STY Malas Bandingkan Vietnam Rezim Park Hang-seo dan Philippe Troussier
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menghadiri konferensi pers jelang pertandingan Piala Asia 2023 Qatar. [ANTARA/Roy Rosa Bachtiar]
10:36
17 Januari 2024

Fokus Bawa Timnas Indonesia Menang, STY Malas Bandingkan Vietnam Rezim Park Hang-seo dan Philippe Troussier

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) malas membanding-bandingkan kekuatan Vietnam saat dilatih Park Hang-seo dan kini oleh Philippe Troussier. STY merasa tidak elok menilai kekuatan lawan dari sisi pelatih.

Timnas Indonesia akan berduel dengan rival beratnya di ASEAN, Vietnam pada laga matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar.

Pertandingan hidup mati ini akan berlangsung Jumat (19/1/2024) malam WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Kedua tim wajib menang di laga ini untuk membuka kans lolos ke babak 16 besar setelah di matchday 1 lalu sama-sama kalah di Grup D.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam sendiri selalu menarik disaksikan. Rivalitas kedua tim di Asia Tenggara menjadi bumbu tersendiri untuk duel ini.

Shin Tae-yong sudah merasakan ganasnya Vietnam ketika ditukangi kompatriotnya dari Korea Selatan, Park Hang-seo.

Kini, The Golden Stars --julukan Timnas Vietnam-- ditukangi oleh pelatih kaya pengalaman asal Prancis, Philippe Troussier.

Shin Tae-yong sendiri tak berminat untuk membanding-bandingkan Vietnam di rezim Park Hang-seo dengan era Troussier saat ini.

Dia hanya ingin fokus membawa Timnas Indonesia meraih poin penuh lawan Vietnam-nya Troussier pada laga nanti, meski mengaku respek pada dua koleganya tersebut.

“Maaf, saya tidak bisa berkomentar soal itu, apalagi itu adalah soal manajer lawan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers Piala Asia 2023, dikutip Rabu (17/1/2024).

"Saya menghormati coach Troussier dan Park, jadi tidak bagus rasanya jika saya mengomentari soal manajer lawan yang akan kami hadapi nanti,” sambung pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Adapun Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak di matchday pertama Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda kalah dengan skor 1-3 di Al Rayyan awal pekan ini.

Sementara Troussier, pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2002 silam, gagal membawa Vietnam meraih hasil positif melawan tim yang pernah ditanganinya itu. Vietnam kalah 2-4 dari Jepang di matchday 1 Grup D. 

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier memimpin timnya pada laga Piala Asia 2023 kontra Jepang di Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier memimpin timnya pada laga Piala Asia 2023 kontra Jepang di Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]

Oleh sebab itu, kemenangan tentu jadi incaran utama Timnas Indonesia dan Vietnam pada laga nanti, demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

"Berkaca dari pengalaman saya di Piala Dunia 2018 di mana Korea Selatan bisa mengalahkan Jerman. Apa pun bisa terjadi dalam sebuah turnamen besar," kata STY.

"Kami (Timnas Indonesia) masih optimistis dan yakin bisa lolos ke babak 16 besar (Piala Asia 2023). Kami akan menghadapi Vietnam dan Jepang di dua laga sisa (Grup D) dengan percaya diri," sesumbarnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #fokus #bawa #timnas #indonesia #menang #malas #bandingkan #vietnam #rezim #park #hang #philippe #troussier

KOMENTAR