VFF Tunjuk Kim Sang Sik sebagai Pelatih Baru Vietnam, Kasih Beban Mirip Shin Tae-yong di Timnas Indonesia
Junior Shin Tae-yong, Kim Sang-sik akan melatih Vietnam. (Dok. Jeonbuk Hyundai)
22:06
3 Mei 2024

VFF Tunjuk Kim Sang Sik sebagai Pelatih Baru Vietnam, Kasih Beban Mirip Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF, secara resmi mengumumkan Kim Sang Sik sebagai pelatih baru The Golden Stars Warriors. Kim dikontrak selama dua tahun, hingga Maret 2026.

Seperti halnya Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, selain posisi sebagai pelatih Timnas Vietnam senior, Kim Sang Sik akan mengambil posisi sebagai pelatih kepala timnas U23.

VFF tunjuk Kim Sang Sik sebagai pelatih baru Timnas Vietnam. [Foto: VFF]VFF tunjuk Kim Sang Sik sebagai pelatih baru Timnas Vietnam. [Foto: VFF]

Dalam proses negosiasi kontrak, pihak VFF juga memaparkan tujuan yang ingin dicapai Vietnam senior dan U23 dalam waktu dekat. Ini juga menjadi target yang harus diselesaikan oleh pelatih baru Kim Sang Sik.

Lebih spesifik, sumber dari VnExpress mengungkapkan, dalam kontrak hingga Maret 2026 terdapat aturan rinci mengenai prestasi pelatih Kim Sang Sik, yakni membawa timnas Vietnam ke semifinal Piala AFF 2024, membawa Vietnam U23 ke semifinal, final Piala AFF 2024. semifinal SEA Games 2025 dan lolos ke U23 Asia 2026 .

Pelatih berusia 47 tahun itu juga dikabarkan akan membawa 3 asistennya untuk melatih Vietnam.

Dilansir The Thao, Jumat (5/5/2024), Kim Sang Sik akan tiba di Vietnam pada akhir pekan ini, dan secara resmi menggelar acara penandatanganan kontrak dengan VFF pada 6 Mei di Hanoi.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga akan segera mulai bekerja untuk timnas Vietnam. Hal pertama yang akan ia lakukan adalah memantau langsung pertandingan di V-League dan Divisi Pertama untuk mengevaluasi dan memilih pemain.

Dalam waktu dekat timnas Vietnam akan melakoni 2 laga sisa babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina (6 Juni) di laga kandang. Setelah itu mereka akan bertandang ke Irak (12 Juni).

Setelah itu, Coach Kim akan berlatih bersama timnas Vietnam pada September, Oktober, dan November 2024 untuk menuju Kejuaraan Asia Tenggara Piala ASEAN 2024 (sebelumnya Piala AFF).

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #tunjuk #sang #sebagai #pelatih #baru #vietnam #kasih #beban #mirip #shin #yong #timnas #indonesia

KOMENTAR