Irak Ngeluh Anggap Venue Perebutan Tempat Ketiga Untungkan Timnas Indonesia U-23, Kok Bisa?
Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar akan menjadi venue pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia vs Irak. [Dok. AFC]
19:30
1 Mei 2024

Irak Ngeluh Anggap Venue Perebutan Tempat Ketiga Untungkan Timnas Indonesia U-23, Kok Bisa?

Pelatih Irak U-23, Radhi Shenaishil menyoroti keputusan panitia Piala Asia U-23 2024 yang memilih Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, sebagai venue pertandingan perebutan tempat ketiga kontra Timnas Indonesia U-23.

Radhi menjelaskan bahwa dirinya sempat meminta agar laga berlangsung di stadion yang belum pernah dimainkan oleh Irak maupun Timnas Indonesia U-23.

Pemilihan Stadion Abdullah bin Khalifa pun dianggap menguntungkan Timnas Indonesia U-23, kendati dirinya menegaskan Irak siap bermain di venue manapun.

"Saya berbicara pada konferensi pers sebelumnya dan menutut agar kami [Irak dan Timnas Indonesia U-23] bermain di stadion yang berbeda dengan stadion yang pernah dimainkan kedua tim," kata Radhi Shenaishil dikutip dari Winwin, Rabu (1/5/2024).

"Tapi itu [pemilihan stadion Abdullah bin Khalifa], tidak bisa menjadi kendala untuk kami," tambahnya.

Dipilihnya Stadion Abdullah bin Khalifa sebagai venue perebutan tempat ketiga di atas kertas memang memberi keuntungan bagi skuad Garuda Muda.

Pelatih Irak Radhi Shenaishil menghadiri konferensi pers sebelum pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia AFC di Sydney pada 25 Januari 2015. AFP PHOTO/Peter PARKS Pelatih Irak Radhi Shenaishil menghadiri konferensi pers sebelum pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia AFC di Sydney pada 25 Januari 2015. AFP PHOTO/Peter PARKS

Timnas Indonesia U-23 tercatat sudah empat kali tampil di venue tersebut dalam lima laga Piala Asia U-23 2024.

Venue tersebut juga hampir selalu memberi tuah positif bagi tim asuhan Shin Tae-yong dengan rincian tiga kemenangan dan sekali kalah.

Timnas Indonesia U-23 menang atas Australia (1-0) dan Yordania (4-1) di fase grup saat bermain di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Tuah itu berlanjut saat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan secara mengejutkan menyingkirkan Korea Selatan lewat drama adu penalti di perempat final.

Sayangnya, tuah positif Garuda Muda di stadion tersebut harus terhenti setelah mereka kalah 0-2 dari Uzbekistan di babak semifinal, Senin (29/4/2024).

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #irak #ngeluh #anggap #venue #perebutan #tempat #ketiga #untungkan #timnas #indonesia #bisa

KOMENTAR