3 'Dosa' Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom, Berkolaborasi Rugikan Timnas Indonesia U-23 Lawan Uzbekistan
Wasit Shen Yinhao memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Rizky Ridho saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). [Karim JAAFAR / AFP]
05:54
30 April 2024

3 'Dosa' Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom, Berkolaborasi Rugikan Timnas Indonesia U-23 Lawan Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 menerima kekalahan atas Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. Salah satu faktornya adalah Garuda Muda tiga kali dirugikan oleh wasit yang 'berkolaborasi', yakni Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom.

Laga timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan dipimpin wasit asal China, Shen Yinhao. Sedangkan Sivakorn Pu-Udom adalah sosok yang ada di balik ruangan VAR.

Kolaborasi dua wasit ini membuat Garuda Muda dirugikan ketika melawan Uzbekistan. Ada tiga momen krusial yang menjadi sorotan.

1. Tak Jadi Penalti

Pertama adalah ketika Witan Sulaeman ditekel oleh pemain lawan. Dari tayangan ulang, pemain asal Palu ini tampak dijatuhkan di kotak penalti.

Namun, awalnya wasit memutuskan di luar lapangan. Sehingga, VAR pun dicek untuk menentukan apakah terjadi penalti atau tidak.

Alih-alih mendapatkan penalti, kolaborasi Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom malah tidak memberikan pelanggaran ke timnas Indonesia U-23 karena tekel pemain Uzbekistan dianggap bersih.

2. Anulir Gol

Momen kerugian lainnya adalah ketika gol Muhammad Ferrari dianulir. Lagi-lagi hal ini karena adanya tayangan ulang VAR.

Dalam proses gol tersebut, awalnya Pratama Arhan mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Ramadhan Sananta lalu berduel.

Bola liar ada di depan kotak penalti Uzbekistan, tapi Sananta bisa mengirimkannya ke Ferrari yang berhasil menjebol gawang lawan.

Nah, proses gol itu dilihat kembali oleh VAR. Ternyata posisi Sananta dinyatakan offside lebih dulu.

3. Kartu Merah

Terakhir paling krusial adalah momen kartu merah Rizky Ridho. Kapten tim Merah Putih ini berduel dengan pemain lawan.

Ridho ada dalam posisi 50-50 untuk membuang bola. Bek Persija Jakarta ini sejatinya sudah sukses menyapu bola.

Sayangnya laga kemudian dihentikan karena pemain Uzbekistan terkapar. Wasit pun melihat tayangan ulang VAR.

Memang dari tayangan ulang, kaki Ridho mengenai alat vital pemain Uzbekistan usai menyapu bola. Akan tetapi, hal itu masih bisa diperdebatkan karena intensitasnya tidak disengaja.

Meski begitu, wasit tetap mengeluarkan kartu merah terhadap Rizky Ridho yang kemudian diprotes pemain timnas Indonesia U-23.

Editor: Arif Budi

Tag:  #dosa #shen #yinhao #sivakorn #udom #berkolaborasi #rugikan #timnas #indonesia #lawan #uzbekistan

KOMENTAR